PREMENSTRUAL SYNDROME (PMS) PADA MAHASISWI PRODI D-III KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BAKTI TUNAS HUSADA PREMENSTRUAL SYNDROME (PMS) IN D-III NURSING PROGRAM STUDENTS FACULTY OF HEALTH SCIENCES BAKTI TUNAS HUSADA UNIVERSITY

Etty Komariah Sambas, Nurliawati Enok

Abstract


Symptoms of premenstrual syndrome (PMS) are psychosomatic symptoms that commonly occur in women of childbearing age starting from adolescence. PMS experienced in the long term can affect the quality of life due to disruption of activities and emotions. The purpose of this study was  to identify symptoms of premenstrual syndrome (PMS) including physical, psychological and behavioral changes during PMS in students. This research is a quantitative descriptive study. The participants were 171 students which were selected by  a purposive sampling, with the inclusion criteria being PMS and not having reproductive disorders. The results of the study showed that the physical changes during premenstrual syndrome (PMS) that experienced mostly were lower abdominal pain (55.6%), the psychological changes were mood swings (64.9%) and behavior changes was fatigue (39.8%). The conclusion of this study  is that the majority of students experienced premenstrual syndrome (PMS).  Imbalance of body hormones, especially estrogen and progesterone during menstruation, has been identified as the main cause of premenstrual syndrome (PMS) symptoms. It is suggested that students can increase their knowledge regarding how to reduce and deal with the symptoms of premenstrual syndrome (PMS) appropriately. 

 

Keywords : Symptoms, Premenstrual Syndrome

ABSTRAK

 

Gejala premenstrual syndrome (PMS) adalah gejala psikosomatis yang umum terjadi pada wanita usia  subur berawal dari usia remaja. PMS yang dialami dalam jangka panjang dapat mempengaruhi kualitas hidup akibat dari gangguan aktifitas dan emosi yang dialami. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi gejala premenstrual syndrome (PMS) meliputi perubahan fisik, psikis dan perilaku semasa PMS pada mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Jumlah responden sebanyak 171 orang yang dipilih   melalui purposive sampling, dengan kriteria inklusi mengalami PMS dan tdiak memiliki gangguan reproduksi.  Hasil penelitian  menunjukkan perubahan fisik semasa premenstrual syndrome (PMS) yang sering dialami ialah nyeri perut bagian bawah (55.6%), perubahan psikis semasa premenstrual syndrome (PMS) yang sering dialami ialah mood menjadi labil (mood swings) (64.9%) dan perubahan perilaku semasa premenstrual syndrome (PMS) yang sering dialami ialah kelelahan (39.8%). Simpulan dari penelitian ini ialah gejala premenstual syndrome (PMS) mayoritas dialami oleh mahasiswi Prodi D-III Keperawatan terutama perubahan psikis. Ketidakseimbangan hormon tubuh terutam aestrogen dan progesterone  semasa menstruasi, diidentifikasi merupakan  penyebab utama gejala premenstrual syndrome (PMS). Saran diharapkan mahasiswi dapat meningkatkan pengetahuan mengenai cara mengurangi dan mengatasi gejala premenstrual syndrome (PMS) yang dialami dengan tepat.

 

Kata Kunci : Gejala, Premenstrual Syndrome (PMS)

 


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Kementerian Kesehatan RI, “Infodatin Reproduksi Remaja,” Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja, no. Remaja. pp. 1–8, 2017.

Kusmiyati, “Nyeri Haid, Penyebab, Dan Penanggulangannya,” Pijar MIPA, vol. 59, 2015.

M. Ramadani, “Premenstrual syndrome (PMS),” Encycl. Endocr. Dis., vol. 7, no. 1, pp. 432–435, 2012, doi: 10.1016/B978-0-12-801238-3.03915-5.

A. F. Ilmi and D. M. Utari, “Faktor Dominan Premenstrual Syndrome Pada Mahasiswi (Studi Pada Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Dan Departemen Arsitektur Fakultas Teknik, Universitas Indonesia),” Media Gizi Mikro Indones., vol. 10, no. 1, pp. 39–50, 2018, doi: 10.22435/mgmi.v10i1.1062.

F. Alvionita, “Hubungan Pola Makan dengan Premenstrual Syndrome pada Mahasiswi S1 Pendidikan Bidan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga,” Universitas Airlangga, 2016.

W. Julianti, D. Marfuah, and S. Noor Hayati, “Pengalaman Hidup Remaja Yang Mengalami Premenstrual Syndrome (Pms) Di Smk Moch Toha Cimahi,” J. Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nurs. Journal), vol. 3, no. 2, pp. 63–71, 2017, doi: 10.33755/jkk.v3i2.86.

E. Mufida, “Faktor yang Meningkatkan Risiko Premenstrual Syndrome pada Mahasiswi,” J. Biometrika dan Kependud., vol. 4, no. 1, pp. 7–13, 2015.

F. N. Azizah et al., “The Effectiveness of Progressive Muscle Relaxation and Morazt Music Therapy on Premenstrual Syndrome Stress Scores,” vol. 11, pp. 10–14, 2021.

C. Lumingkewas, E. Suparman, and S. P. Mongan, “Gambaran Premenstrual Syndrome pada Remaja Periode Akhir di Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi,” e-CliniC, vol. 9, no. 1, pp. 45–50, 2021, doi: 10.35790/ecl.v9i1.31855.

S. A. Bungasari, H. M. M. Tendean, and E. Suparman, “Gambaran Sindrome Prahaid Pada Remaja,” e-Clinic (eCl), vol. 3, no. Januari-April, 2015.

F. S. Heryaningtyas, W. A. Putra, and J. Sudirman, “Karakteristik Premenstrual Syndrome Pada Mahasiswi Program Studi Pendidikan Dokter Angkatan 2017 Di Fakultas Kedokteran Universitas Udaya,” J. Med. Udayana, vol. 9, no. 5, pp. 58–61, 2020, [Online]. Available: https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/61940/35607.

S. A. Mardalena, “Pendidikan Kesehatan Pada Remaja Tentang Pre Menstruasi Sindrome (Pms) Dan Penatalaksanaan Pre Menstruasi Sindrome (Pms) Di Smp 6 Muhammadiyah Palembang,” J. Khidmah Pengabdi. Masy. STIKes Muhammadiyah Palembang, vol. 1, no. 1, pp. 15–24, 2018.

F. Setyani, “Pengaruh Premenstrual Syndrome terhadap Motivasi Belajar Mahasiswi Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara,” 2018, [Online]. Available: http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/7416.




DOI: http://dx.doi.org/10.36465/jkbth.v24i1.1279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Etty Komariah Sambas, Nurliawati Enok

RJI Main
logo