PENGARUH INTERVENSI PROMOSI KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRKATEK PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA SISWA KELAS 4 DAN 5 SDN SILUMAN IV KOTA TASIKMLAYA 2014

Authors

  • Anih Kurnia STIKes Bakti Tunas Husada Tasikmalaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36465/jkbth.v12i1.73

Abstract

Sekolah merupakan tempat pembelajaran yang dapat menjadi ancaman penularan penyakit jika tidak dikelola dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh intervensi promosi kesehatan dalam peningkatan pengetahuan, sikap dan praktek Perilaku Hidup bersih dan Sehat di sekolah dengan menggunakan merode quasi-experimental dengan non equivalent control group desain. Penelitian dilakukan pada siswa kelas 4 dan 5 SDN Siluman IV Kota Tasikmalaya. Analisis menggunakan uji paired t-test dan independent t-test.  Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang bermakna antara pengetahuan, sikap dan praktek Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sebelum dan sesudah intervensi. Dibandingkan dengan kelompok kontrol didapatkan ada perbedaan yang bermakna pada pengetahuan dan sikap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, akan tetapi pada variabel praktek tidak ada perbedaan yang bermakna. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan intervensi dengan metode penyuluhan, simulasi, prkatek, permainan dan penugasan dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan praktek Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di sekolah.

Published

2015-05-23

How to Cite

Kurnia, A. (2015). PENGARUH INTERVENSI PROMOSI KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRKATEK PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA SISWA KELAS 4 DAN 5 SDN SILUMAN IV KOTA TASIKMLAYA 2014. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada: Jurnal Ilmu-Ilmu Keperawatan, Analis Kesehatan Dan Farmasi, 12(1), 128–141. https://doi.org/10.36465/jkbth.v12i1.73

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)