SIMULASI DINAMIKA MOLEKULAR SENYAWA TURUNAN 4-THIAZOLIDINONE (C18H18FN3OS) TERHADAP PROTEIN 4KP7 SEBAGAI ANTI-INFEKSI MENGGUNAKAN APLIKASI GROMACS

Delis Susilawati

Abstract


Menurut Wright (2003) mengemukakan bahwa nfeksi yang disebabkan oleh mikroba adalah salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Ketersediaan jumlah terbatas antibiotik untuk pengobatan infeksi, dan pembangunan berkelanjutan resistensi terhadap agen antimikroba baru digunakan, menimbulkan tantangan serius. Dalam metodanya dilakukan simulasi dinamika molecular yang mengganti pergerakan molekul-molekul yang saling berinteraksi dengan menyimulasikan molekul yang saling mendorong dan menabrak satu sama lain. 4-Thiazolidinones baru-baru ini dilaporkan inhibitor novel enzim bakteri Mur B (pendahulu selama biosintesis peptidoglikan) dan juga untuk memblokir beberapa mekanisme patogen bakteri berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Tripathi (2014). Percobaan ini bertujuan untuk mensimulasikan dinamika molecular senyawa turunan 4-thiazolidinon (C18H18FN3OS) terhadap protein 4KP7 sebagiai anti-infeksi menggunkaan aplikasi GROMACS. Terdapat beberapa tahap yang dilakukan sebelum simulasi dinamika molecular dilakukan, yaitu tahap persiapan topologi menggunakan pdb2gmx dan Gedit, persiapan box dan solvasi, menggunakan editconf dan genbox, Minimasi Energi menggunakan grompp dan mdrun, running simulasi, menggunakan grompp dan mdrun dan analisis grafik menggunakan Grace. Berdasarkan hasil yang didapat yaitu data analisis RMSD yang di dapat tidak terdapat grafik yang terjadi fluktuasi yang terlalu tajam yaitu berada pada 0,1 – 0,15 nm, sehingga protein dalam keadaan tetap stabil dan tidak terdenaturasi. Sedangkan data analisis RMSF menunjukkan bahwa residu yang semula rigid menjadi fleksibel, yang ditandai oleh banyaknya puncak yang muncul.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


A. Witoelar. 2002. Perancangan dan Analisis Simulasi Dinamika Molekul Ensamble Mikrokanoikal dan Kanoikal dengan Potensial Lennard-Jones. Bandung : Departemen Teknik Fisika. ITB.

A.D. Astuti and A.B. Mutiara. 2011. Simulasi Dinamika Molekuler Protein dengan aplikasi Gromacs. Teh. Inform. Dan Ind., vol. 1, no. 2, pp. 1-9.

Babaoglu, K., Page, M. A., Jones, V. C., et al. 2003. Novel inhibitors of an emerging target in Mycobacterium tuberculosis, substituted thiazoidinones as inhibitors of dTDP-rhamnose synthesis. Bioorganic

and Medicinal Chemistry Letters, vol. 13, no. 19, pp. 3227-3230.

Beg, Q. K,. M. Kapoor L, L. Mahajan, and G.S. Hoondal. 2001. Microbial xylanases and their industrial applications: a review.

Applied Microbiology and Biotechnology. 56, 326-338

H. K. Dipojono. 2001. SImulasi Dinamika Molekul in Hamburan Neutron dan Sinar X ke 4.pp. 1-4

J.Hati. 2014 Analisis Kestabilan Protein 1Gb1

Menggunakan Simulasi Dinamika Molekul. Bogor. Institut Pertanian Bogor.

Ma. Abraham et al . 2016. GROMACS Reference Manual 3. Netherland : University of Groningen.

R. Protein Data Bank. 2018. About PDB Archieve and RSCB PDB.

Ruswanto, Siswandono, Richa M, Tita N dan Tresna L., 2017, Molecular Docking of 1-Benzoyl-3-Methylthiourea as Anti Cancer Candidate and Its Absorption, Distribution, and Toxicity Prediction, J. Pharm. Sci & Res., Vol. 9(5), pp. 680-684.

Ruswanto, Mardhiaha, Mardianingrum, R., and Novitriani, K., 2015. Sintesis dan Studi In Silico Senyawa 3-Nitro-N'-[(Pyridin-4-Yl) Carbonyl] Benzohydrazide sebagai Kandidat Antituberkulosis, Chimica et Natura Acta 3(2), 54-61.

Ruswanto, Taufik H. (2013). Desain dan pemodelan molekul turunan 1,3-dibenzoil tiourea sebagai inhibitor chk1 secara in silico. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada. 9, 14-21.

Ruswanto, R., Nofianti, T., Mardianingrum, R., and Lestari, T. , 2018, Desain dan Studi In Silico Senyawa Turunan Kuwanon-H sebagai Kandidat Obat Anti-HIV, . J. Kim. Val. 4, 57–66.

Tripathi, A. C., et al. 2014. 4-thiazolidinones : the advances continue. Europeanjournal of Medicinal Chemistry, vol. 72, pp. 52-77.

Wright, G. D and Daniel, T. W. 2003. chemotherapeutic agents in Burger’s Medicinal Chemistry and Drug Discovery.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.