Evaluasi Kesesuaian Resep Obat BPJS Kesehatan Rawat Jalan Poli Penyakit Dalam Periode Januari 2023 Terhadap Formularium Nasional di RS X

Aulia Safira Pratiwi, Tisa Amalia, Ayu Izzatin, Elsa Marliana

Abstract


Formularium Nasional adalah daftar obat yang disusun oleh Komisi Formularium Nasional berdasarkan ilmu pengetahuan terkini. Obat-obatan dari daftar obat Formularium Nasional merupakan obat yang paling efektif, aman dan termurah yang ditawarkan dan digunakan sebagai acuan untuk menyiapkan resep untuk Sistem Jaminan Kesehatan (JKN). Tujuan umum Formularium Nasional adalah sebagai acuan institusi kesehatan untuk menjamin ketersediaan obat yang efektif, bermutu, aman dan terjangkau dalam sistem JKN (Farmalkes, 2013). Menurut Peraturan Menteri Kesehatan No. 129/Menkes/SK/II/2008 tentang standar pelayanan minimal rumah sakit, standar penulisan resep sesuai formularium adalah 100%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian resep BPJS Kesehatan Rawat Jalan Poli Penyakit Dalam Periode Januari 2023 di RS X dengan cara membandingkannya dengan Formularium Nasional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode pengambilan data retrospektif pada bulan maret sampai bulan april tahun 2023, dan data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan systematic random sampling. Jumlah resep BPJS kesehatan rawat jalan poli penyakit dalam bulan Januari 2023 sebanyak 1042 resep. Sampel yang digunakan sebanyak 92 lembar resep yang kemudian data tersebut diolah  dan dihitung persentase kesesuaian jenis obatnya dengan formularium nasional. Hasil penelitian ini yaitu bahwa persentase kesesuaian berdasarkan lembar resep selama bulan Januari 2023 adalah 72% sedangkan kesesuaian berdasarkan jumlah item obat adalah 88%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa tingkat kesesuaian resep pasien BPJS Kesehatan Rawat Jalan Poli Penyakit Dalam dengan Formularium Nasional di Rumah Sakit X Periode Januari 2023 belum sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan No. 129/Menkes/SK/II/2008 tentang standar pelayanan minimal rumah sakit, standar penulisan resep sesuai formularium adalah 100%.

 


Full Text:

PDF

References


Anieif, M., (2006). Ilmui Meiracik Obat. Yogyakarta : Gadjah Mada Uiniveirsity Preiss.

Annonim. (2002). Informasi Obat Nasional Indoneisia. Jakarta : Deiparteimein Keiseihatan Reipuiblik Indoneisia Halaman 14,52,531-548.

Arfiana, Maya., (2021). Keiseisuiaian Reiseip Teirhadap Formuilariuim Ruimah Sakit Karawang. Juirnal Ilmui Farmasi dan Peineilitian Meidis UiNIPMA.

Buikifan, Yanei Rosalia. (2017). Profil Keiseisuiaian Reiseip Pasiein Uimuim Rawat Jalan Deingan Formuilariuim Ruimah Sakit Uimuim Daeirah Keifameinanui Peiriodei Oktobeir-Deiseimbeir.Politeiknik Keiseihatan Keimeinkeis Kuipang. Diakseis dari http://reipository.polteikeiskuipang.ac.id

Dit. Produiksi dan Distribuisi Keifarmasian. (2013). Formuilariuim Nasional Keindalikan Muitui dan Biaya Peingobatan. Diakseis dari https://farmalkeis.keimkeis.go.id

Deiparteimein Keiseihatan Reipuiblik Indoneisia. (2004). Peidoman Peingeilolaan Obat Program Keiseihatan.Direiktorat Jeindeiral Peilayanan Keifarmasian dan Alat Keiseihatan. Jakarta.

Jas A. (2009). Peirihal Reiseip dan Dosis seirta Latihan Meinuilis Reiseip. Eid 2. Uiniveirsitas Suimateira Uitara Preiss.

Keipuituisan Meinteiri Keiseihatan Reipuiblik Indoneisia Nomor 328/MEiNKEiS/SK/IX/2013 teintang Formuilariuim Nasional.

Khasanah Uiswatuin, Mayasari Gita,dkk. (2022). Eivaluiasi Keiseisuiaian Peireiseipan Obat Pada Pasiein Rawat Jalan Poli Peinyakit Dalam deingan Formuilariuim Nasional di RSUiD Prambanan. Juirnal Farmasi Muihammadiyah Kuiningan.Voluimei 7 Nomor 1.

Mahfuidhoh, Siti., (2015). Faktor Yang Meimpeingaruihi Keipatuihan Peinuilisan Reiseip. Uiniveirsitas Airlangga Suirabaya. Diakseis dari https://reipository.uinair.ac.id

Marini, M., (2012). Analisa Kelengkapan Penulisan Resep dari Aspek Kelengkapan Resep di Apotek Kota Pontianak. Jurnal Mahasiswa Farmasi Fakultas Kedokteran UNTAN.

Peiratuiran Meinteiri Keiseihatan RI Nomor 3 Tahuin 2020 Teintang Klasifikasi dan Peirizinan Ruimah Sakit. Beirita Neigara Reipuiblik Indoneisia Tahuin 2020 Nomor 21.

Peiratuiran Meinteiri Keiseihatan RI Nomor 72 Tahuin 2016 Teintang Standar Peilayanan Keifarmasian Di Ruimah Sakit. Beirita Neigara Reipuiblik Indoneisia Tahuin 2017 Nomor 49.

Peiratuiran Meinteiri Keiseihatan RI Nomor 949/MEiNKEiS/PEiR/VI/2000 Teintang Reigistrasi Obat Jadi.

Peiratuiran Preisidein Reipuiblik Indoneisia Nomor 12 Tahuin 2013 Teintang Jaminan Keiseihatan. Leimbaran Neigara Reipuiblik Indoneisia Tahuin 2013 Nomor 255.

Peiratuiran Preisidein Nomor 64 Tahuin 2020 Teintang Jaminan Keiseihatan. Leimbaran Neigara Reipuiblik Indoneisia Tahuin 2020 Nomor 130.

Pratiwi, Ameilia Kuisuima. (2020). Eivaluiasi Keiseisuiaian Peireiseipan Obat Pada Pasiein BPJS Rawat Jalan Poli Peinyakit Dalam Teirhadap Formuilariuim Nasional di RSUiD Kabuipatein Beingkuilui Seilatan,Uiniveirsitas Bhakti Keincana. Diakseis dari http://reipository.bkui.ac.id

Puispitaningtyas P.H. (2014). Eivaluiasi Keiseisuiaian Peireiseipan Dokteir Pada Pasiein Uimuim Rawat Jalan Deingan Formuilariuim Ruimah Sakit Uimuim Daeirah Suikoharjo. Tuigas Akhir, Fakuiltas MIPA.Uiniveirsitas Seibeilas Mareit Suirakarta. Diakseis dari http://eiprints.uims.ac.id

Rikomah,SEi. (2017). Farmasi Ruimah Sakit. Yogyakarta: Deieipuiblish.

Sireigar, C.J.P dan Amalia,L., (2004). Farmasi Ruimah Sakit Teiori dan Peineirapannya. Peineirbit Buikui Keidokteiran. Jakarta.

Suigiyono. (2011). Meitodei Peineilitian Kuiantitatif Kuialitatif dan R&D. Alfabeita.

Suikameirta,dkk. (2017). Eitika Peineilitian dan Peinuilisan Artikeil Ilmiah. UiNMAS PREiSS. Deinpasar.

Uindang Uindang Reipuiblik Indoneisia Nomor 44 Tahuin 2009 Teintang Ruimah Sakit. Leimbaran Neigara Reipuiblik Indoneisia Tahuin 2009 Nomor 153.

Uindang Uindang Reipuiblik Indoneisia Nomor 35 Tahuin 2009 Teintang Narkotika. Leimbaran Neigara Reipuiblik Indoneisia Tahuin 2009 Nomor 143.

Uindang Uindang Reipuiblik Indoneisia Nomor 40 Tahuin 2004 Teintang Sisteim Jaminan Sosial Nasional. Leimbaran Neigara Reipuiblik Indoneisia Tahuin 2004 Nomor 150.

Uindang Uindang Reipuiblik Indoneisia Nomor 5 Tahuin 1997 Teintang Psikotropika. Leimbaran Neigara Reipuiblik Indoneisia Tahuin 1997 Nomor 10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.