PEMERIKSAAN STATUS GIZI PADA ANAK DI LEMBAGA KESEJATERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) AMANAH KOTA TASIKMALAYA

Enok Nurliawati, Soni Hersoni, Etty Komariah, Asep Robby, Teti Agustin, Nadia Sintia Wardany

Abstract


Penilaian status gizi dapat memantau penyimpangan tumbuh kembang secara dini sehingga Upaya-upaya pencegahan, stimulasi dan penyembuhan serta pemulihannya. Semua anak memiliki hak yang sama dalam tumbuh dan berkembang, termasuk anak-anak binaan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA). Tujuan: pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk melakukan penilaian status gizi pada anak-anak binaan di LKSA Amanah. Metode : metode pelaksanaannya dengan pemeriksaan status gizi meliputi menidentifikasi usia anak, pengukuran BB, TB dan perhitungan IMT secara langsung kemudian status gizi dikatagorikan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 2 tahun 2020, Jumlah anak yang mengikuti kegiatanini adalah 36 orang. Hasil : status gizi anak-anak di LKSA Amanah, sebagian besar yaitu 31 orang (86,11%) dengan status gizi baik (normal). Kesimpulan : Masih terdapat permasalahan gizi di LKSA Amanah dan perlu ditindaklanjti untuk penaganannya

Full Text:

PDF

References


Ariawan.I.G.N, dkk, (2021) Faktor-faktor yang Berghubungan dengan Status Gizi pada Anak Usia Sekolah di

SD 4 Penebel, Dunia Keperawatab: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan, 9(1): 16 -28

Astuti, F. D., Utami, D., Qamariyah, N., Widyaningsih, W., & Martini, T. (2023). Pemeriksaan Kesehatan

Sebagai Monitoring Status Kesehatan Santri Di Panti Asuhan Muhammadiyah Tuksono Sentolo, Kulon

Progo. Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 19–22.

Faradilah, A., Syakir, D., & Akbar, A. (2018). Gambaran Status Gizi dan Asupan Remaja Pesantren Tahfidz.

Alami Journal (Alauddin Islamic Medical) Journal, 2(2), 26–32.

Indriyani.R.A. (2020) Hubungan Pola Asuh Makan dengan Status Gizi Usia Anak sekolah di SDN Teluk Pucung

VI Bekasi, Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan, 2(2):77-83

Kemenkes RI. (2018). Klasifikasi Obesitas Setelah Pengukuran IMT. https://p2ptm.kemkes.go.id/infographicp2ptm/obesitas/klasifikasi-obesitas-setelah-pengukuran-imt

Kemenkes RI. (2022). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak.

Kementerian Kesehatan RI (2017) Buku Saku: Pemantauan Status Gzi tahun 2017, Jakarta: Direktorat Gizi

Masyarakat

Kusumaningtiar (2017) Pengukuran Status Gizi dan Sosialisasi Gizi Seimbang pada Anak Panti Asuhan Tebet

Yayasan Remaja Masa Depan, Jurnal Abdimas, 4 (1): 18-23

Novianti.A, Utami.T.P (2021) Penilaian Status Gizi dan Pengetahuan Gizi Seimbang Anak Usia Sekolah

Sebagai Bentuk Aktivasi Kegiatan UKS, Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1):401- 404

Peraturan Kementerian Kesehatan No. 2 Tahun 2020 tentang Standar Antropometri Anak

Rokhmah, F., Muniroh, L., & Nindya, T. S. (2016). Hubungan Tingkat kecukupan energi dan zat gizi makro

dengan status gizi siswi SMA di Pondok pesantren Al-Izzah Kota batu. Media Gizi Indonesia, 11(1), 94–

Santoso.R.D, Wahjuni.E.S. ( 2022) Survei Status Gizi Siswa Kelas II SD Negeri Se-Kecamatan Labang, Jurnal

Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 10(01): 191-197

Setikasri (2018) Status Gizi Anak dan Faktor yang Mempengaruhi, Yogyakarta: UNY Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.