UBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU MAHASISWA PRODI DIII ANALIS KESEHATAN DALAM PENANGANAN BAHAN KIMIA

Yane Liswanti, Taufik Nugraha

Abstract


Pentingnya pengetahuan ilmu Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang menyangkut suatu penerapan kerja yang mengajarkan tentang pentingnya bekerja aman dan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) saat berhadapan dengan bahan infeksius ataupun dengan bahan berbahaya seperti halnya bahan kimia. Alat pelindung Diri (APD) sangat penting dalam penanganan dan pengambilan bahan kimia yang berbahaya yang dapat menimbulkan suatu kejadian yang tidak diinginkan. Namun banyak mahasiswa yang tidak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang lengkap dalam melaksanakan suatu kegiatan dalam menggunakan bahan kimia. Sikap dan perilaku manusia dalam upaya kegiatan bekerja senantiasa tidak luput dari rasa nyaman, aman, sehat dan selamat dalam bekerja, yang dapat dilakukan dengan cara menghindarkan sikap yang tidak ilmiah, tanpa merasa terbebani, berupaya melakukan pekerjaan meskipun tidak melakukan aturan yang diterapkan.

Penelitian ini bersifat deskriptif kolerasi dengan tujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku mahasiswa terhadap penanganan/penggunaan bahan kimia. Penelitian ini melibatkan 50 orang mahasiswa prodi DIII Analis Kesehatan sebagai responden dengan menggunakan teknik cross sectional. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang berisi tentang pengetahuan dan prilaku penanganan bahan kimia.

Hasil penelitian ini menunjukan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku di dapat hasil p= 0,124 > ɑ = 0,05.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan tidak mempengaruhi perilaku mahasiswa dalam penanganan dan penggunaan bahan kimia.


Keywords


Bahan Kimia, K3, Mahasiswa, Pengetahuan, Perilaku

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yane Liswanti, Taufik Nugraha

RJI Main
				logo