PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI PEMBIMBING KLINIK TERHADAP KINERJA DALAM MEMBIMBING PRAKTEK KLINIK DI RSUD dr.SLAMET GARUT TAHUN 2015

Authors

  • Iwan Shalahuddin Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran Kampus Garut, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36465/jkbth.v18i1.302

Abstract

Kinerja pembimbing praktek klinik yang optimal akan berkontribusi menghasil  lulusan  pendidikan  keperawatan  yang  dapat  dipergunakan  menjadi tenaga profesional  bidang keperawatan.  Namun saat ini masih dijumpai adanya kendala mengenai lulusan pendidikan keperawatan. Kegiatan pembelajaran praktek klinik sangat penting bagi mahasiswa program pendidikan keperawatan. Pembelajaran klinik merupakan jantungnya  proses  pendidikan  pada program  pendidikan  keperawatan. Kinerja  pembimbing  praktek  klinik  dipengaruhi  kompetensi  profesional yang dimiliki, motivasi berprestasi yang dapat mendorong perilaku pembimbing praktek klinik dalam proses pembelajaran praktek. Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui  pengaruh  kompetensi  dan  motivasi  pembimbing  klinik  terhadap  kinerjanya  dalam  membimbing  praktek  klinik  di RSUD Kabupaten Garut. Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  deskriptif  analitik  non  exsperimen dengan pendekatan yang dipergunakan adalah cross sectional. Hasil penelitian berdasarkan  hasil uji statistik variabel kompetensi pembimbing klinik terhadap  kinerja pembimbing  praktek klinik diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 1,164, artinya setiap kenaikan 1% kompetensi pembimbing klinik akan diikuti dengan kenaikan kinerja pembimbing  praktek klinik sebesar 1,164 % karena parameter pada nilai koefisien tersebut positif. Pada uji t diperoleh nilai t hitung 8,024 > 2,423 t tabel dengan tingkat kepercayaan 99%  atau α  = 1 %. Sehingga   dapat   menunjukkan   adanya   pengaruh   positif   dan   signifikan kompetensi pembimbing klinik terhadap kinerja pembimbing praktek klinik.

References

Azwar.S. (2007), Metode Penelitian, Yogyakarta : Puskata Pelajar.

Bacal. R. (2001), Performance Management: Terjemahan, Jakarta : Gramedia, Pustaka Utama.

Budiarja (2004) Strategi Implementasi Sumberdaya Kesehatan Menembus Peluang Kerja Internasional (Seminar Nasional: Poltekkes Surakarta): Depdikbud

Kreitner, Robert, (2003), Perilaku Organisasi: terjemahan Jakarta : Salemba

Muhibbin Syah (2004), Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan baru, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2004), Kurikulum Berbasis Kompetensi : Konsep, Karakteristik dan Implementasi, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Notoatmojo, Sukijo (2007), Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta.

Pusdiknakes RI. (2004), Pengelolaan Pembelajaran Praktek Klinik,. Jakarta : Departemen Kesehatan RI.

Pusdiknakes RI, (2003) Penyusunan Standart Kompetensi. Makalah WorkShop,.

Jakarta : Departemen Kesehatan RI.

Setiaji, Bambang (2004)Panduan Riset dengan Pendekatan Kuantitatif, Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Simanjuntak (2004) Strategi menembus peluang kerja Internasional (Seminar Nasional : Poltekkes Surakarta)

Uzer Usman, M. (2004), Menjadi Guru Profesional, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Published

2018-03-28

How to Cite

Shalahuddin, I. (2018). PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI PEMBIMBING KLINIK TERHADAP KINERJA DALAM MEMBIMBING PRAKTEK KLINIK DI RSUD dr.SLAMET GARUT TAHUN 2015. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada: Jurnal Ilmu-Ilmu Keperawatan, Analis Kesehatan Dan Farmasi, 18(1), 23–32. https://doi.org/10.36465/jkbth.v18i1.302

Issue

Section

Artikel

Citation Check