POTENSI ANTIBAKTERI LIMBAH TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill) TERHADAP BAKTERI Staphylococcus aureus

Rochmanah Suhartati

Abstract


Tomat merupakan buah yang dapat ditemui banyak di jual di pasar. Beberapa Tomat yang mengalami kerusakan biasanya tidak dipilih oleh pembeli sehingga menjadi limbah yang tidak termanfaatkan. Kandungan kimia pada Tomat seperti alkaloid, saponin dapat bersifat Staphylococcus aureus.  Penelitian ini dilakukan  untuk mengetahui apakah ekstrak etanol limbah tomat dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aures.

Pengujian dilakukan secara eksperimen terhadap sampel ekstrak etanol limbah tomat biasa (Lycopersicum esculentum Mill). Konsentrasi pengenceran ekstrak etanol limbah tomat biasa (Lycopersicum esculentum Mill) yang diteliti adalah 10% -100% yang diujikan terhadap bakteri Saphylococcus aureus dengan kepadatan bakteri 379 × 106 /mL, menggunakan metode Kirby-Bauer. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa ekstrak etanol limbah tomat (Lycopersicum esculentum Mill) dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus pada konsentrasi ekstrak  50% dengan zona hambat sebesar 1,55 mm.

Kesimpulan  penelitian ini adalah ekstrak etanol limbah tomat biasa (Lycopersicum esculentum Mill) mempunyai senyawa antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus.


Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.36465/jkbth.v13i1.32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Rochmanah Suhartati

RJI Main
logo

Publisher :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Universitas Bakti Tunas Husada
Jl. Letjen Mashudi No. 20, Kota Tasikmalaya
Telp : 0265-334740
Fax : 0265-327224
Email: lppm_jupemas@universitas-bth.ac.id