Pendampingan Penyusunan Stándar Prosedur Operasional Bagian Pendaftaran di Puskesmas Mangkubumi
DOI:
https://doi.org/10.36465/jupemas.v4i1.1038Keywords:
standar prosedur operasional, PuskesmasAbstract
Pendampingan Penyusunan Stándar Prosedur Operasional Bagian Pendaftaran di Puskesmas Mangkubumi
Endang Tiyanti1*, Randy Hermawan 2, M.Ihsan Ramdani 3,
1Universitas Bakti Tunas Husada
2Universitas Bakti Tunas Husada
3Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
*Korespondensi: endangtriyanti@universitas-bth.ac.id
ABSTRAK
Puskesmas wajib untuk diakreditasi secara berkala paling sedikit tiga tahun sekali, dimana akreditasi merupakan salah satu persyaratan kredensial sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang bekerja sama dengan BPJS. Dalam rangka pemenuhan akses pelayanan kesehatan di puskesmas dibutuhkan standar prosedur operasional sebagai upaya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, khususnya pelayanan yang sifatnya administratif.. Puskesmas Mangkubumi merupakan puskesmas yang berada di wilayah binaan Universitas Bakti Tunas Husada, yaitu didaerah sekitar desa karikil kecamatan mangkubumi kota Tasikmalaya. Puskemas ini masih membutuhkan perhatian khusus untuk aspek administratifnya termasuk pengadaan Standar Operasional Prosedur (SPO) untuk menunjang mutu pelayanan Puskesmas. Berdasarkan latar belakang di atas maka kami tertarik untuk melakukan pengabdian masyarakat dengan Judul “Pendampingan Penyusunan Standar Prosedur Operasional Bagian Pendaftaran Di Puskesmas Mangkubumi di Kota Tasikmalaya Tahun 2022 Tujuan dari kegiatan ini adalah Petugas dapat membuat Standar Prosedur Operasional ( SPO) serta dapat menerapkannya, sehingga dapat meningkatkan mutu bagian Pendaftaran di Puskesmas Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan melalui beberapa tahapan antara lain, persiapan meliputi pertama adalah koordinasi perijinan dan indentifikasi kebutuhan Puskesmas, kedua adalah sosialisasi kepada staf terkait materi tentang Standar Prosedur Operasional, kemudian yang ketiga adalah pendampingan kepada petugas dalam pembuatan SPO dan yang ke empat adalah evaluasi pengetahuan Petugas. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana dan Berdasarkan proses Pendampingan dihasilkan satu Standar prosedur Operasional yaitu dengan judul standar prosedur Operasinal Pendaftaran Pasien. Standar Prosedur Operasional (SPO) Pendaftaran Pasien dapat digunakan sebagai Pedoman untuk melaksanakan proses kerja di bagian pendaftaran.
Keywords : Standar Prosedur Operasional, Puskesmas,
References
KARS. (2012). Panduan Penyusunan Dokumen Akreditasi. KARS.
kemenkes. (2015). Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Dokter dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi. Peraturan menteri Kesehatan.
kemenkes. (2017). Peraturan Menkes tentang Peraturan Tata naskah no 14 tahun 2017. kemenkes.
Kemenkes. (2014). Peraturan Menteri kesehatan no 75 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Kemenkes.
Sugiyono. (20016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. CV. Alfabeta.
triyanti E & Widaningsih. (2018). manajemen Informasi Kesehatan III. PPSDM.