PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG SELF MANAGEMENT DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI APLIKASI ZOOM

Authors

  • Wahyu Rizky Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Dzul Fahmi Afriyanto
  • Budi Prasetyo
  • N.A Shoffiyaatunnisaak
  • Raihan Alif Saputra
  • Antasya Octaviana
  • Amalia Diah Ferianti
  • Ajeng Karisma Ayu
  • Tika Kusuma Putri
  • Eka Uswatun Khasanah
  • Ellizabeth Intan Putri Setyawati
  • Fania Oktavia

DOI:

https://doi.org/10.36465/jupemas.v4i2.1097

Abstract

Penyebaran virus Covid-19 tidak dapat diprediksi dan sangat cepat. Oleh karena itu, pemerintah dan ahli kesehatan harus mengambil tindakan yang cepat dan tegas pada setiap kasus Covid-19 baru teridentifikasi. Wajar jika masyarakat khawatir tentang dampak wabah Covid-19 ini pada diri mereka dan orang-orang yang mereka kasihi. Dalam upaya mencegah penyebaran virus ini, masyarakat dunia, khususnya di Indonesia menerapkan Social Distancing serta Phyisical Distancing. Mereka membatasi dirinya untuk tidak melakukan kontak langsung dengan orang lain dan tetap berada di rumah untuk mencegahnya terjangkit virus Covid-19. dampak negatif dari adanya peraturan seperti Social & Physical Distancing serta PSBB, anak-anak merasa jiwanya menjadi lebih tertekan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan dan meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan individu dalam mengantisipasi dan mengatasi masalah psikologis yang disebabkan selama masa pandemic Covid-19. Desain yang digunakan adalah pra experiment dengan menggunakan rancangan penelitian one group pretest and post-test design dengan sasaran mahasiswa Semester 2 di Program Studi Administrasi Rumah Sakit Program Sarjana Universitas Kusuma Husada Surakarta dengan jumlah peserta sebanyak 35 Mahasiswa dan waktu kegiatannya di Bulan Mei 2023, Instrument yang digunakan untuk mengevaluasi hasil pengabdian menggunakan kuesioner pengetahuan self-management yang dibuat oleh peneliti berdasarkan dari self-management. Hasil ini didapatkan sebelum diberikan penyuluhan kesehatan sebagian besar pengetahuan mahasiswa tentang self-management cukup (69%), kemudian setelah dilakukan penyuluhan kesehatan, pengetahuan mahasiswa tentang self-management baik (75.9%), hal ini menunjukkan ada perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan kesehatan. Sehingga hal tersebut menunjukkan bahwa pemberian penyuluhan kesehatan tentang self-management dapat tersampaikan dengan baik kepada mahasiswa. Penyuluhan kesehatan merupakan pemberian pengetahuan yang merubah kognitif dan kemampuan mahasiswa melalui pembelajaran yang bertujuan merubah perilaku baik secara individu atau kelompok sehingga terjadi peningkatan kesadaran akan kesehatan.

 

Kata Kunci: Covid-19, Stressor, Wabah

References

Anita, T., Tjitrosumarto, S., & Setyohadi, J. S. 2021. Stres Kerja Guru Saat Pandemi Covid-19.

Research and Development Journal Of Education, 7(1), 146–157

Busyra, S., & Sani, L. 2020. Kinerja Mengajar dengan Sistem Work From Home (WFH) pada Guru di SMK Purnawarman Purwakarta. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 1–16.

https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.51

Kompas.com. 2020, Maret 22. Update, berikut 15 negara yang berlakukan lockdown akibat virus corona. Retrieved from

https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/22/183000465/updateberikut-15-negara-yangberlakukan-lockdown-akibat-viruscorona?page=all

(PDPI), P. D. P. I. 2020. Pneumonia Covid-19 Diagnosis & Penatalaksanaan di Indonesia.

Perhimpunan Dokter Paru Indonesia.

Hidayat, M. Y. 2017. Pengaruh Kemampuan Mengelola Diri (Self Management) Terhadap Kedisiplinan

Belajar dan Kreativitas Berpikir Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan

Keguruan UIN Alauddin Makassar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 30–39.

Hurlock, Elizabeth B. 2011. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang

Kehidupan. Jakarta : Erlangga.

Ali, M & Asrori, M. 2006. Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Willy F.Maramis, Albert A.Maramis. Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa Edisi 2. Surabaya: Airlangga University Press, 2009; p.38

Sadikin, A., & Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sarafino, E. P. 2008. Health Psychology: Biopsychosocial Interactions Sixth Edition. USA: The College of New Jersey

Susanty, S. 2020. Inovasi Pembelajaran Daring Dalam Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Hospitality,

(2), 157–166. https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289

Downloads

Published

2023-10-13

How to Cite

Rizky, W., Afriyanto, D. F., Prasetyo, B., Shoffiyaatunnisaak, N., Saputra, R. A., Octaviana, A., … Oktavia, F. (2023). PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG SELF MANAGEMENT DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI APLIKASI ZOOM. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Jupemas), 4(2). https://doi.org/10.36465/jupemas.v4i2.1097

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)