PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG BULLYING DENGAN METODE CERAMAH MENGGUNAKAN LEAFLET DAN LCD TERHADAP SIKAP BULLYING PELAJAR SMPN 4 CILACAP
Abstract
Bullying adalah sebuah hasrat untuk menyakiti. Cara mengatasi bullying yaitu dengan mengubah cara mendidik dan cara memperlakukan siswa, bangun jejaring komunikasi aktif dengan para orang tua, deklarasikan kampanye anti-bullying yang melibatkan peran aktif semua unsur sekolah dan pemberian pemahaman yang tepat mengenai bullying melalui pendidikan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahuipengaruh pendidikan kesehatan tentang bullying dengan metode ceramah menggunakan leaflet dan LCD terhadap sikap bullying pada siswa di SMPN 4 Cilacap Tahun 2017. Desain penelitianyang digunakan adalah Quasi Experimental dengan rancangan pre test dan post test. Populasinya adalah seluruh pelajar kelas VIII SMPN 4 Cilacap yaitu sebanyak 257 pelajar dan jumlah sampel sebanyak 72 pelajar dengan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling. Pengujian hipotesis menggunakan uji T-test related. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap bullying pelajar di SMPN 4 Cilacap tahun 2017 sebelum diberikan pendidikan kesehatan tentang bullying dengan metode ceramah menggunakan leaflet dan LCD sebagian besar mempunyai sikap negatif sebesar 69,4% dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan sebagian besar mempunyai sikap negatif sebesar 79,2%. Uji statistik dengan Uji t-test related didapatkan nilai t hitung > t tabel (6,26 > 1,99) yang berarti terdapat pengaruh pendidikan kesehatan tentang bullying dengan metode ceramah menggunakan leaflet dan LCD terhadap sikap bullying pada pelajar di SMPN 4 Cilacap tahun 2017
Kata Kunci: Pendidikan Kesehatan, Bullying, Ceramah, Leaflet, LCD
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Aliah, B., Purwakania H., Masni EF., Emmalia S., dan Siti R.(2013). Efektivitas Pelatihan Anti-Bullying terhadap Pengetahuan Penanganan Kasus Bullying di Sekolah pada Guru-Guru TK Jakarta. Jurnal Al-Azhar Indonesia.Seri Humaniora Vol.2, No .2 September 2013
Anesty, E. (2009). Konseling Kelompok Behavioral Untuk Mereduksi Perilaku Bullying Siswa Sekolah Menengah Atas (Penelitian Eksperimen Kuasi terhadap Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 10Bandung). Skripsi di Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan UPI Bandung
Atlas, R.S., dan Pepler, D.J. (2008). Observation of bullying in the classroom. The journal of educational research, 92 (2): 86-99.
Astreaningrum, A.G. (2015). Makalah Bullying, diakses dari: http://blog.uad.ac.id/ega1300001313/2015/01/12/makalah-bullying/
Astuti, P.R. (2008). Meredam Bullying: 3 cara efektif menanggulangi kekerasan pada anak. Jakarta: PT Grasindo
Azwar, S.(2012). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya.Edisi Ke-8. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
, (2007).Reliabilitas dan Validitas, edisi ketiga, cetakan kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Berger, C., Karimpour R., dan Rodkin P.C. (2008). Bullies and Victims at School: Perspectives and Strategies for Springer-Verleg: New York
Dahlan, M.S. (2014).Statistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan: Deskriptif, Bivariat, dan Multivariat, Dilengkapi Aplikasi Menggunakan SPSS, 6 ed, Jakarta: Epidemiologi Indonesia.
Departemen Kesehatan RI. (2011). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Departemen Kesesehatan RI
Harian Republika.co.id, selasa 12 Oktober 2015
Masdin, M. dan Beti, M. (2016). Bullying in the Perspective of the Inconvenience Against the Process of Interaction in Schooldiakses, 11 Februari 2017
Maulana, H. (2009). Promosi Kesehatan. Jakarta: PT. Penerbit Buku Kedokteran EGC
Mudjijanti, F. (2011). School Bullying dan Peran Guru Dalam Mengatasinya. Naskah Krida Rakyat. Madiun: Universitas Katolik Widya Mandala
News.okezone.com., (2007)
Notoatmodjo, S. (2007). Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni.Jakarta : Rineka Cipta
.........................S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Edisis revisi Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.
Riyanto, A. (2011).Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika
Putri, A.P. dan Totok, S. (2016). Strategi Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Di Smp Negeri 1 Mojokerto, Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Volume 01 Nomor 04 Tahun 2016,
Sejiwa. (2008). Bullying: Mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan sekitar anak. Jakarta: PT Grasindo.
Tim Yayasan Semai Jiwa Amini (Sejiwa). (2008).Foundation Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan. Jakarta: PT. Grasindo
Wawan dan Dewi. (2010).Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia, cetakan II. Yogyakarta: Nuha Medika
Widayanti, C.G.S. (2009). Fenomena Bullying di sekolah Negeri Semarang: Sebuah Study Kualitatif. Jurnal Psikologi Undip. Vol.05. No 2.Desember 2009
Wiyani, N.A. (2012). Save Our Children From School Bullying. Jogjakarta: ArRuzz Media.
Zaini H, Muthe B, Ayu S,. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogykarta: Pustaka Insan Madani
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.