Formulasi dan Uji Sifat Fisik Lip tint Beras merah (Oryza nivara s.d.sharma & shastry) dengan Kombinasi Buah naga (Hylocereus costaricensis)

Firman Gustaman, Anna Yuliana, Rima Putri Nurahman

Abstract


Saat ini banyak produk pewarna bibir yang beredar di pasaran mengandung bahan pewarna sintetis yang dapat berisiko menyebabkan kanker. Maka, penelitian ini bertujuan untuk menciptakan dan mengevaluasi karakteristik fisik dari pewarna bibir yang mengandung pewarna alami dari buah naga yang dikombinasikan dengan ekstrak beras pewarna merah. Proses pembuatan sediaan pewarna bibir ini dengan maserasi beras merah selama tiga hari dengan etanol 96% dan asam klorida 1% dengan perbandingan 8:2. Selanjutnya, hasil filtrasi buah naga dipekatkan. Sediaan lip tint dibuat dalam tiga konsentrasi berbeda, yaitu 0,5%, 2%, dan 8%. Beberapa pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini, termasuk uji organoleptik, homogenitas, pH, viskositas, stabilitas, daya sebar, iritasi, dan uj kesukaan. Hasil dari uji organoleptik menunjukkan bahwa pewarna bibir ini memiliki warna merah muda hingga merah tua, tekstur kental, dan aroma buah strawberry. Uji homogenitas menunjukkan bahwa sediaan pewarna bibir ini homogen secara keseluruhan. Uji daya sebar menunjukkan jarak sebar yang berkisar antara 5 hingga 7 cm. Hasil uji pH rata-rata adalah F1 (5,8), F2 (5,4), dan F3 (4,5). Hasil viskositas menunjukkan hasil yang baik, kecuali pada F1. Uji stabilitas menunjukkan bahwa pewarna bibir ini stabil. Tidak ada reaksi iritasi yang terdeteksi pada panel dalam uji iritasi. Berdasarkan uji kesukaan, formulasi warna lip tint yang paling populer adalah F3.


Full Text:

PDF

References


Agustina, A. (2022). Formulasi dan evaluasi sediaan liptint sari buah tomat (Solanum lycopersicum L.) (Doctoral dissertation, Universitas BTH Tasikmalaya).Ambari, Y. et al. (2020) ‘Studi Formulasi Sediaan Lip Balm Ekstrak Kayu Secang (Caesalpinia sappan L) dengan Variasi Beeswax’, J. Islamic Pharm, 5(2), pp. 36–45.

Anggraeni, V.J., Ramdanawati, L. and Ayuantika, W. (2019) ‘Penetapan Kadar Antosianin Total Beras Merah (Oryza nivara)’, Jurnal Kartika Kimia, 1(1), pp. 11–16.

Arifin, B., & Ibrahim, S. (2018). Struktur, bioaktivitas dan antioksidan flavonoid. Jurnal Zarah, 6(1), 21-29.

Dwicahyani, U, Isrul, M.,& Noviyanti, W.O.N.(2019). Formulasi Sediaan Lipstik Ekstrak Kulit Buah Ruruhi (Syzygium policephalum Merr) sebagai pewarna. Jurnal Mandala Pharmacon Indonesia, 5(02),

Haq, A. A., Tivani, I., & Febriyanti, R. (2021). Formulasi Dan Uji Sifat Fisik Sediaan lip tint dengan Kombinasi Ekstrak Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa) dan Ekstrak Buah Bit (Beta vulgaris) Sebagai Pewarna. Jurnal Ilmiah Farmasi Vol, x(x), 1–5.

Hidayat, R., & Patricia Wulandari. (2021). Methods of Extraction: Maceration, Percolation and Decoction. Eureka Herba Indonesia, 2(1), 73–79. https://doi.org/10.37275/ehi.v2i1.15

News, Sicily. (2018). Penjelasan mengenai liptint.

Nurjanah, S. (2019). Formulasi Sediaan Liptint yang Mengandung Antioksidan dan Pewarna Alami dari Sari Buah Naga Super Merah (Hylocereus costaricensis.

Peloan, T. (2020). Pengaruh lama penyimpanan ekstrak daun gedi merah terhadap kandungan total flavonoid. 3(2), 150–154.

Santi, R. N., Herawati, E., & Ambarwati, N. S. S. (2020). Formulasi Dan Evaluasi Sediaan Kosmetik Pewarna Lipstik Dari Ekstrak Kulit Batang Secang (Caesalpinia Sappan L). Jurnal Tata Rias, 10(1), 72-82.

Saryanti, d., setiawan, i., & safitri, r. a. (2019). Pptimasi formula sediaan krim m/a dari ekstrak kulit pisang kepok (musa acuminata l.) optimization of m/a cream formula from kepok banana peel (musa acuminata l.) extract. farmasi, departemen teknologi tradisional, departemen obat kepok, kulit pisang design, simplex lattice, 1(3).

Suryani, Putri, A. E. P., & Agustiyani, P. (2017). Formulasi dan Uji Stabilitas Sediaan Gel Ekstrak Terpurifikasi Daun Paliasa. Jurnal Ilmiah Farmasi, 6(3)(3), 2302–2493.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.