Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Waru Pamekasan

Khoirul Umam Al Maghrobi

Abstract


Instansi pelayanan kefarmasian dituntut untuk menerapkan pelayana yang bermutu di bidang kesehatan. pelanan yang bermutu dapat dilihat dari tingkat kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi rumah sakit waru. Kecamatan pasean, kabupaten pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini mengunakan kuesioner yang kemudian hasil tersebut diolah menjadi data. Hasil penelitian pada tingkat kepuasan pasien  pada total semua dimensi dengan persentase sebesar 54,56% dalam katagori tidak puas dan 45,44 puas. Pada dimensi kehandalan memiliki kepuasan paling tinggi terbesar 37,66% dalam katagori cukup puas. dalam dimensi ketanggapan memiliki kepuasan paling tinggi terbesar sebesar 43,25% katagori cukup  puas. dimensi empati memiliki kepuasan paling tinggi terbesar 41,5% katagori cukup  puas. dimensi bukti langsung memiliki kepuasan paling tinggi terbesar 43,8% cukup puas. dimensi jaminan memiliki kepuasan paling tinggi terbesar 48,5% cukup puas. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari setiap dimensi dapat disimpulankan  bahwa pasien terhadap pelayanan kefarmasian di instalasi rumah sakit waru masih tergolong tinggi dengan persentase ketidak puasan pasien sebesar 54,56%.


Full Text:

PDF

References


Permenkes, 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor72 Tahun 2016 TentangStandar Pelayanan kefarmasian di Rumah sakit.Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.

Departemen Kesehatan RI, 2004, Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1197/Menkes/SK/X/2004, tentang Standar Pelayanan Farmasi di Rumah Sakit, Jakarta.

Sugiyono.2015. Metode Penelitian (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D) Bandung : ALFABETA, Cv

Azhar, azrul, 1996, Menjaga mutu Pelayanan Kesehatan Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.

Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.

Megawati, A., Nosi, H. (2014). Beberapa Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Gastritis Pada Pasien Yang Di Rawat Di RSUD LabuangBaji Makassar. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis Volume 4 Nomer 6 Tahun 2014 diakses 19 Desember


Refbacks

  • There are currently no refbacks.