IMPLEMENTASI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI ANAK iBERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SDN 6 DAUH PURI

Authors

  • Putri Anggraeni

Abstract

Pendidikan inklusi adalah sistem layanan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua anak untuk belajar bersama-sama di sekolah umum dengan memperhatikan keanekaragaman dan kebutuhan individual. Tujuan dari laporan ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan inklusi bagi ABK di SDN 6 Dauh Puri dan hambatan dalam implementasi pendidikan inklusi tersebut. Laporan ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif. Dalam memperoleh data, penulis melakukan observasi langsung ke lapangan untuk memperoleh data primer yang terkait dan melakukan studi dokumentasi untuk memperoleh data sekunder. Selain itu, penulis menggunakan teknik wawancara langsung dan tidak langsung yang berkaitan dengan penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Implementasi Pendidikan Inklusi di SDN 6 Dauh Puri secara keseluruhan belum efektif dan belum sesuai dengan standar pendidikan inklusi yang telah ditetapkan. Hambatan yang harus diatasi adalah ketersediaan tenaga pendidik khusus, kurikulum yang sesuai dengan pendidikan inklusi untuk ABK.

References

Agustino, iL. i2014. iDasar-Dasar iKebijakan iPublik. iBandung: iAlfabeta. i

Arikunto, iS. i2007. iManajemen iPenelitian. iJakarta: iRineka iCipta. i

Dunn, iW.N. i2003. iPengantar iAnalisis iKebijakan iPublik. iYogyakarta: iGajah iMada iUniversity iPress. i

Direktorat iPembinaan iSLB i(2007). iPedoman iPenyelenggaraan iPendidikan iInklusif, iJakarta.

Direktorat iPendidikan iLuar iBiasa. i2013. ihttp://www.tkplb.org/, idiunduh itanggal i22 iNovember i2023 ijam

i13.30.

Dokumen iSalamanca. i2016. ihttp://fidiupiserang.blogspot.co.id/2014/11 i/dokumen-dokumen-kebijakaninternasional.html, idiunduh itanggal i21 iNovember i2023 ijam i11.00 iWita. i

Ery, iW. i2014. iManajemen iPendidikan iInklusi iDi iSekolah iDasar inegeri i32 iKota iBanda iAceh. iTesis.

iMagister iAdministrasi iPendidikan, iProgram iPascasarjana, iUniversitas iSyiah iKuala iBanda iAceh. i

Fatma, iL.K.N. i2013. iKomunikasi iBagi iAnak iBerkebutuhan iKhusus. iSkripsi. iJurusan iDakwah idan

iKomunikasi iSTAIN iKudus. i

Garnida, iD. i2015. iPengantar iPendidikan iInklusif. iBandung: iRefika iAditama. i

iHanjarwati idan iAminah. i2014. iEvaluasi iImplementasi iKebijakan iPemerintah iKota iYogyakarta

iMengenai iPendidikan iInklusi. iSkripsi. iFakultas iDakwah idan iKomunikasi iUIN iSunan iKalijaga. i

Haryono, idkk. i2015. iEvaluasi iPendidikan iInklusif iBagi iAnak iBerkebutuhan iKhusus i(ABK) iDi iProvinsi

iJawa iTengah. iLaporan iPenelitian. iFakultas iIlmu iPendidikan, iUniversitas iNegeri iSemarang. i

Hery, iK.S. i2014. iImplementasi iKebijakan iPenyelenggaraan iLayanan iPendidikan iInklusif idi iKabupaten

iSidoarjo. iTesis. iProgram iStudi iAdministrasi iNegara, iFakultas iIlmu iSosial idan iIlmu iPolitik,

iUniversitas iAirlangga. i

ILO. i(2001). iCode iof iPractice ion iManaging iDisability iin ithe iWorkplace, iTripartite iMeeting iof iExperts

ion ithe iManagement iof iDisability iat ithe iWorkplace. iGeneva. i

Jamilah, iC.P. i2015. iSekolah iInklusi iUntuk iAnak iBekerbutuhan iKhusus: iTanggapan iTerhadap iTantangan

iKedepannya. iTesis. iPendidikan iGuru iSekolah iDasar, iProgram iPascasarjana iUNS. i

Jeremy, iF. i2013. iEducating iStudents iwith iLearning iDisabilities iin iInclusive iClassrooms. iResearch

iReport. iUniversity iof iIowa. i

Megan, iM. i2014. iInclusive iEducation iin iThe iUnited iStates: iMiddle iSchool iGeneral iEducation

iTeachers’ iApproaches ito iInclusion. iResearch iReport. iUniversity iof iHartford, iUnited iStates iof

iAmerica. i

Moleong, iL.J. i2014. iMetodelogi iPenelitian iKualitatif. iBandung: iPT. iRemaja iRosdakarya iOffest.

Nissa, iT. i2009. iPermasalahan-Permasalahan iyang iDihadapi iSekolah iPenyelenggaraan iPendidikan iInklusi

ipada iTingkat iSD. iSkripi. iFakultas iPsikologi, iUniversitas iAhmad iDahlan, iYogyakarta. i

Permendiknas iNomor: i70 iTahun i2009 itentang iPedoman iImplementasi iPendidikan iInklusi.

Pratiwi, iR.P., idan iMurtiningsih, iA. i2013. iKiat iSukses iMengasuh iAnak iBerkebutuhan iKhusus.

iYogyakarta: iAr-ruzz iMedia. i

Profil iSekolah iInklusi iSD iNo. i11 iJimbaran. i2013. ihttp://sdn6dauhpuri-profil.blogspot.co.id/, idiunduh

itanggal i21 iNovember ijam15.00 iWita.

Sugiyono. i2011. iMetode iPenelitian iAdministrasi. iBandung: iAlfabeta. i

Surat iEdaran iGubernur iNomor: i421/16251/Disdikpora, itertanggal i22 iOktober i2014 itentang iLayanan

iPendidikan iInklusif iProvinsi iBali. i

Twiggy, iC., i& iMantak, iY. i2015. iInclusive iEducation iin ian iInternational iSchool: iA iCase istudy iFrom

iHong iKong. iResearch iReport. iThe iUniverity iof iHong iKong. i

Undang-Undang iRepublik iIndonesia iNomor i20 iTahun i2003 itentang iSistem iPendidikan iNasional.

UNESCO i(1994). iThe iSalamanca iStatement iand iFramework iFor iAction iOn iSpecial iNeeds iEducation.

iPARIS: iAuthor. i

Unesco.2016. ihttps://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi iPendidikan, iKeilmuan, idan iKebudayaan_PBB,

idiunduh itanggal i22 iNovember i2023 ijam i10.00 iWita.

Winarno, iS. i1994. iPengantar iPenelitian iIlmiah iDasar idan iMetode iTeknik. iBandung: iTarsito.

Downloads

Published

2024-01-21

Citation Check