STRATEGY ANALYSIS AND MARKETING PROGRAMS FOR HEALTH SERVICES FOR INCREASING HOSPITAL PATIENT VISITS AT PUSKESMAS CIMARAGAS, CIAMIS DISTRICT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Analisis Strategi dan Program Pemasaran Pelayanan Kesehatan Dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Pasien di Puskesmas Cimaragas Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan wawancara disertai dengan teknik observasi dan kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa faktor-faktor internal yang menjadi kekuatan atau kelemahan dan faktor-faktor eksternal yang menjadi peluang atau ancaman di Puskesmas Cimaragas Kabupaten Ciamis, yaitu faktor internal meliputi organisasi, sumber daya manusia, sarana prasarana, dana, dan pembiayaan kesehatan, sedangkan faktor eksternal meliputi pemerintah, masyarakat, asuransi kesehatan, undang – undang dan peraturan, kondisi ekonomi daerah, perkembangan teknologi kesehatan, perkembangan teknologi informasi, tingkat inflasi, dan nilai kurs serta persaingan antar fasilitas kesehatan tingkat pertama. Puskesmas Cimaragas Kabupaten Ciamis berdasarkan diagram analisis SWOT terletak pada Kuadran I yaitu strategi agresif, dimana Puskesmas Cimaragas Kabupaten Ciamis berada pada posisi strategi : a). Merupakan posisi yang sangat menguntungkan, b). Mempunyai peluang dan kekuatan sehingga ia dapat memanfaatkan peluang yang ada secara maksimal.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Peni Cahyati