PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS IMBANAGARA KABUPATEN CIAMIS

Ujang Enas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Imbanagara Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Untuk menentukan jumlah responden peneliti menggunakan teknik aksidental yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan faktor spontanitas artinya siapa saja yang secara tidak sengaja bertemu dengan peneliti dan sesuai dengan karakteristiknya, maka orang tersebut dapat digunakan sebagai sampel (responden). Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 100 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan program SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien, sedangkan secara parsial dimensi tangible, reassponsiveness, dan empathy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien, dimensi reliability berpengaruh negatif dan tidak signifikan, sedangkan dimensi assurance berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Imbanagara Kabupaten Ciamis.


Keywords


kualitas pelayanan, kepuasan pasien, pelayanan, kepuasan, pasien.

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.36465/jkbth.v20i1.562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ujang Enas

RJI Main
logo

Publisher :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Universitas Bakti Tunas Husada
Jl. Letjen Mashudi No. 20, Kota Tasikmalaya
Telp : 0265-334740
Fax : 0265-327224
Email: lppm_jupemas@universitas-bth.ac.id