PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS IMBANAGARA KABUPATEN CIAMIS

Authors

  • Ujang Enas Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi YPPT Priangga Timur Tasikmalaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36465/jkbth.v20i1.562

Keywords:

kualitas pelayanan, kepuasan pasien, pelayanan, kepuasan, pasien.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Imbanagara Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Untuk menentukan jumlah responden peneliti menggunakan teknik aksidental yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan faktor spontanitas artinya siapa saja yang secara tidak sengaja bertemu dengan peneliti dan sesuai dengan karakteristiknya, maka orang tersebut dapat digunakan sebagai sampel (responden). Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 100 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan program SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien, sedangkan secara parsial dimensi tangible, reassponsiveness, dan empathy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien, dimensi reliability berpengaruh negatif dan tidak signifikan, sedangkan dimensi assurance berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Imbanagara Kabupaten Ciamis.

Published

2020-03-11

How to Cite

Enas, U. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS IMBANAGARA KABUPATEN CIAMIS. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada: Jurnal Ilmu-Ilmu Keperawatan, Analis Kesehatan Dan Farmasi, 20(1), 126–133. https://doi.org/10.36465/jkbth.v20i1.562

Issue

Section

article

Citation Check

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.