UJI STABILITAS SEDIAAN GEL ANTI JERAWAT EKSTRAK DAUN KERSEN (Muntingiacalabura L)

Fajar Setiawan

Abstract


Jerawat adalah peradangan kronik folikel sebasea yang ditandai adanya komedo, papula, pustul, kista pada daerah-daerah predileksi. Tujuan penelitian ini yaitu menguji stabilitas sediaan gel anti jerawat ekstrak daun kersen terhadap bakter P. Acne. Penelitian ini dilatar belakangi dari banyaknya obat anti jerawat yang sudah beredar dipasaran yang sudah resistensi dan menyebabkan timbulnya iritasi akibat penggunaan obat anti jerawat dengan bahan aktif sintetik sehingga untuk mengurangi efek samping tersebut dikembangkan bahan aktif dari alam yang lebih aman dan efektif mengobati jerawat. Penelitian ini dimulai dari penyiapan bahan baku pembuatan dan standarisasi mutu ekstrak, uji aktivitas ekstrak, pembuatan sediaan gel, evaluasi dan uji stabilitas gel. Dari hasil evaluasi bahwa formula gel antijerawat ekstrak daun kersen memiliki stabilitas yang baik selama penyimpanan 30 hari dari segi organoleptik, pH, homogenitas, daya sebar dan viskositas.

 

Kata kunci: Daun kersen, jerawat, uji stabilitas.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Febriani, D, Mulyanti, Rismawati. Karakterisasi Simplisia dan Ekstrak Etanol Daun Sirsak (Annona Muricata Linn). UNISBA. Bandung. 2015.

O.V. Sousa, G.D. Viera, R.G. Jesus, J. Pinho, C.H. Yamamoto, M.S. Alves, Antinociceptive andAnti-Inflamatory Activities of the Ethanol Extract of Annona muricata L. Leaves in Animal Models. Int J Mol Sci, Vol. 11. No. 5. p.2067-2078. 2010.

Soni AA, R Pratopo RHM, dan Putra JA. 2013. Formulasi Sediaan Krim Dari Ekstrak Metanol Daun Kersen (Muntingia Calabura L) Sebagai Antioksidan dan Tabir Surya. [Skripsi]. Universitas Halu Oleo.

Prasetyo DH, dan Sasongko H. Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol 70% Daun Kersen (Muntingia Calabura L) Terhadap Bakteri Bacillus subtilis dan Shigella dysenteriae Sebagai Materi Pembelajaran Biologi SMA Kelas X untuk Mencapai Kd 3.4 pada Kurikulum 2013. Jupemasi-PBIO. 1 (1). Hal 1 dan 98. 2014.

Arum YP, Supartono, Sudarmin. Isolasi dan Uji Daya Antimikroba Ekstrak daun Kersen (Muntingia calabura L). Semarang. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. UNNES. Hal 2, dan 173. 2012.

Swanson, I.K. Antibiotic resistance of Propionibacterium acnes in Acnes vulgaris. Dermatology Nursing 5, 359–361. 2003

Jagtap, N.S., Khadabadi, S.S., and Ghorpade, D.S. Antimicrobial and Antifungal Activity of Centella asiatica (L) Urb, Umbeliferae, Research J. Pharm and Tech, 2(2), hal. 328 – 330. 2009.

Soni AA, R Pratopo RHM, dan Putra JA. Formulasi Sediaan Krim Dari Ekstrak Metanol Daun Kersen (Muntingia Calabura L) Sebagai Antioksidan dan Tabir Surya. [Skripsi]. Universitas Halu Oleo. 2013.

Kuntorini ME, Fitriana S, dan Astuti DM. Struktur Anatomi dan Uji Aktivitas Antioksidan Ekstrak Metanol Daun Kersen (muntingia calabura). Prosiding Semirata FMIPA. Universitas Lambung Mangkurat. Hal 1. 2013.

Magdalena AB, dkk. Formulasi Krim Antihiperpigmentasi Ekstrak Kulit Buah Delima (Punica granatum L.). Sumedang. Fakultas Farmasi. Universitas Padjadjaran. 3 (1). Hal 19. 2016.

Anurogo, D, Ari Wulandari. 45 Penyakit yang Banyak Ditemukan di Masyarakat. ANDI. Yogyakarta. 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.36465/jop.v2i1.467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Journal of Pharmacopolium

p-ISSN: 2620-8563; e-ISSN: 2621-1521


Index:

RJI Main
logo