EDUKASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DALAM RANGKA PENANGANAN DIARE PADA SISWA SISWI SDN SIRNAPUTRA

Ruswanto Ruswanto, Tresna Lestari, Gatut Ari Wardani, Refi Tazhqiyatul Fadilah, Putri Nurlita

Abstract


Kesehatan merupakan salah satu elemen terpenting dalam kehidupan manusia. Kesehatan erat kaitanya dengan perilaku individu, terutama perilaku yang berhubungan dengan Kesehatan. Penerapan PHBS dilingkungan sekolah merupakan salah satu strategis untuk menggerakan dan memberdayakan para guru dan siswa untuk hidup bersih dan sehat. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kepedulian anak anak untuk menjaga kebersihan sehingga terhindar dari berbagai penyakit, mengetahui pencegahan diare, juga menggosok gigi dan mencuci tangan yang baik dan benar sehingga anak anak dapat menerapkan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari dalam upaya, media yang digunakan yaitu berupa power point serta pemaparan materi mengenai penanganan pertama pada diare, dan demonstrasi menggosok gigi juga mencuci tangan yang baik dan benar. Kegiatan dinilai memiliki dampak yang positif berdasarkan evaluasi yang dilakukan sekitar 67 peserta mempunyai respon yang baik dalam penerimaan materi.


Keywords


PHBS; Menggosok gigi dan mencuci tangan; diare

Full Text:

PDF

References


Aristoteles, A., Utama, A. R., Akhyar, A. R., Rahmayanti, A. R., Putri, M. M., Santoso, M. P. S., ... & Ihklayani, R. (2022). SOSIALISASI KESEHATAN DAN PENTINGNYA EDUKASI POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) BAGI WARGA KELURAHAN BERINGIN RAYA. BUGUH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 2(1), 53-60.

Glanz, K., Rimer, B. K., & Viswanath, K. (Eds.). (2015). Health behavior: Theory, research, and practice. John Wiley & Sons.

Heryanto, E., Sarwoko, S., & Meliyanti, F. (2022). Faktor risiko kejadian diare pada balita di UPTD Puskesmas Sukaraya Kabupaten Oku Tahun 2021. Indonesian Journal of Health and Medical, 2(1), 10-21.

Itsna, I. N., Hapsari, W., & Indrastuti, A. (2018). Efektifitas pendidikan kesehatan cuci tangan pakai sabun (ctps) dengan metode demonstrasi dan booklet pada siswa kelas VI SDN Kalisapu 04 Slawi. Bhamada: Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan (E-Journal), 9(1), 8-8.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016, Januari 1). PHBS. Ayo Sehat. https://ayosehat.kemkes.go.id/phbs.

Nabilah, F. A., Firdaus, M., Naharuddin, A., Dwi, B. R., Febriansyah, M. B. I., & Wahyudi, K. E. (2023). Sosialisasi dan Pelaksanaan Aksi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai Wujud Edukasi Masyarakat terhadap Penyakit Stunting di Desa Pohsangit Leres. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 164-169.

Nurmahmudah, E., Puspitasari, T., & Agustin, I. T. (2018). Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada anak sekolah. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 46-52.

Rasyidah, U. M. (2019). Diare sebagai konsekuensi buruknya sanitasi lingkungan. KELUWIH: Jurnal Kesehatan Dan Kedokteran, 1(1), 31-36.

Tutuanita, Y., & Nengah, N. (2019). Sanitation, Open Defecation, and Diarrhea in Tangerang, Banten, Indonesia, in early 2017: A Cross-Sectional Epidemiological Study. Journal of International Dental & Medical Research, 12(1).

World Health Organization. (1995). Constitution of the world health organization.

World Health Organization. (2024, March 7). Diarrhoeal disease. WHO. Retrieved from https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/diarrhoeal-disease.




DOI: http://dx.doi.org/10.36465/jupemas.v3i2.1309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ruswanto Ruswanto

 
RJI Main logo

Publisher :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Universitas Bakti Tunas Husada
Jl. Letjen Mashudi No. 20, Kota Tasikmalaya
Telp : 0265-334740
Fax : 0265-327224
Email: lppm_jupemas@universitas-bth.ac.id