Pengaruh Terapi Brain Gym Diiringi Musik Religi Terhadap Burn Out Belajar Siswa Kelas Viii Tasikmalaya

Authors

  • Lulu Nurjannah Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya, Indonesia
  • Peni Cahyati
  • Kusmiyati Kusmiyati
  • Asep Riyana

DOI:

https://doi.org/10.36465/jkbth.v24i2.1380

Keywords:

Brain Gym, Burn out Belajar, Musik Religi, Siswa.

Abstract

Pada siswa, burn out belajar dapat menghambat proses pendidikan sehingga belajar tidak maksimal. Aspek dari burn out belajar diantaranya kelelahan emosional, fisik, kognitif, dan kehilangan motivasi. Terapi brain gym diiringi musik religi merupakan terapi non-farmakologi yang dapat menurunkan skor burn out dengan memperlancar aliran darah dan oksigen ke otak. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh terapi brain gym diiringi musik religi terhadap burn out belajar siswa kelas VIII di MTS Mu’min Mashum Tasikmalaya. Metode quasy eksperimen dengan pretest-posttest with control group. Sampel pada penelitian ini adalah 15 responden untuk kelompok intervensi dan kontrol yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Uji statistik yang digunakan Dependent T-Test dan Independen T-Test. Hasil terdapat perbedaan signifikan rerata skor burn out pada kelompok intervensi, sebelum intervensi rerata skor burn out 10.07 menurun menjadi 4.73 (p-value 0,000). Sedangkan pada kelompok kontrol, skor burn out sebelum intervensi 10.87 menurun menjadi 8.53 (p-value 0,000). Terdapat perbedaan signifikan dalam rerata skor burn out antara kedua kelompok, dengan nilai p-value 0.001. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa terapi brain gym diiringi musik religi mampu menurunkan skor burn out pada siswa. Sehubungan dengan hasil penelitian diharapkan pendidik dapat mengaplikasikan terapi ini untuk meningkatkan belajar siswa baik di sekolah.

References

afifah, S. (2019). Pengaruh Kejenuhan Belajar Dan Interaksi Sosial Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Dengan Sistem Pesantren Modern. 7(4), 527–532.

Aryanto, J. (2022). Pendampingan Peningkatan Konsentrasi Mahasiswa Pgmi Universitas Islam Lamongan Melalui Pelatihan Brain Gym. (2013).

Aswir, & Misbah, H. (2018). Pengaruh Senam Otak (Brain Gym) Terhadap Tingkat Kejenuhan Siswa (Vol. 2). Retrieved From Https://Repo.Itskesicme.Ac.Id/1610/2/143210054 Bangun Skripsi.Pdf

Dwiana, A. (2022). Prevalensi Burnout Berdasarkan Jenis Kelamin. 29(2), 1–12.

Hidayatulloh, M. S., & Mardiyah, M. (2022). Studi Komparasi Kma No. 183 Tahun 2019 Dengan Kma No. 165 Tahun 2014 Tentang Pedoman Kurikulum 2013 Materi Pai Dan Bahasa Arab. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 2(1), 16–24. Https://Doi.Org/10.51878/Cendekia.V2i1.836

Hikmah, A. L., Ali, M., Al-Khasy, Q., Yusuf, K., Pro, M., Perkembangan, P., & Hikmah, A. L. (2020). Implikasi Kejenuhan (Burnout) Belajar Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 2 Diwek Jombang. 10(0356).

Kartini, & Sa’adah, N. (2022). Dampak Musik Religi Terhadap Konsentrasi Belajar. 4, 6033–6038.

Mardayati Erda. (2022). Skripsi Pengaruh Metode Senam Otak (Brain Gym) Dalam.

Nashrullah, F. A., & Prasetiawan, H. (2022). Jurnal Pendidikan Dan Konseling. 4.

Priambodo, M. G. (2016). Efektivitas Senam Otak (Brain Gym) Dalam Menurunkan Tingkat Kejenuhan (Burnout) Belajar Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 11 Yogyakarta. Retrieved From Http://Eprints.Unm.Ac.Id/29829/

Rahayu, D., Adriansyah, M. A., Dwi, D., Rahmah, N., Sanhadi, Y. T., Hasan, M. Q., & Nur, M. (2022). Brain Gym Therapy : Focus Attention As An Effort To Improve Student Learning Concentration. 6(3), 404–409.

Silaen, A. E., Ramadhanti, N., & Utami, S. T. (2023). Musik Berpengaruh Dalam Konsentrasi Belajar. 1(1), 467–480.

Srivaniwati, Y. (2019). Hubungan Efikasi Diri Dan Dukungan Sosial Dengan Kejenuhan Akademik Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Makassar Yang Sedang Melaksanakan Kuliah Online In Guidance And Counseling Students At Makassar State University. 1–12.

Surya, T. (2019). Efektivitas Senam Otak (Brain Gym) Dalam Menurunkan Tingkat Kejenuhan (Burnout) Pada Siswa Dalam Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dan Aqidah Akhlak Di Mts Yapi Sleman Yogyakarta.

Tefa, S., Idayani, D., & Astindari, T. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Pemberian Tugas Kelompok Dan Tugas Individu Pada Mata Pelajaran Matematika Di Smp Negeri 6 Situbondo Pendahuluan Matematika Merupakan Ilmu Yang Mendasari Perkembangan Teknologi Modern Yang Mempunyai Peran Penting Da. 6(1), 23–33.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Journal On Education, 5(2), 3928–3936. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V5i2.1074

Published

2024-08-26

How to Cite

Nurjannah, L., Cahyati, P., Kusmiyati, K., & Riyana, A. (2024). Pengaruh Terapi Brain Gym Diiringi Musik Religi Terhadap Burn Out Belajar Siswa Kelas Viii Tasikmalaya. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada: Jurnal Ilmu-Ilmu Keperawatan, Analis Kesehatan Dan Farmasi, 24(2), 142–153. https://doi.org/10.36465/jkbth.v24i2.1380

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.