LITERATURE REVIEW: INTERVENSI DALAM MENURUNKAN KECEMASAN PADA MAHASISWA INTERVENTIONS TO REDUCE STUDENTS’ ANXIETY

Iceu Amira, Aat Sriati, Hendrawati Hendrawati, Aisha Chaerani

Abstract


Pendahuluan: Kecemasan merupakan gangguan psikiatri yang paling sering ditemukan, hal tersebut adalah perasaan tidak nyaman atau kekhawatiran yang samar disertai respon otonom dan seringkali bersumber dari hal yang tidak spesifik atau tidak diketahui oleh individu. Pada mahasiswa, kecemasan dapat disebabkan oleh beban tugas yang semakin tinggi, harus segera menyelesaikan tugas akhir, ataupun cemas ketika harus berbicara didepan umum untuk mempresentasikan tugasnya ataupun saat menghadapi ujian. Tujuan: Penelitian bertujuan untuk mengetahui intervensi yang dapat dilakukan untuk mengurangi tingkat kecemasan pada mahasiswa. Metode: Desain penelitian yang dilakukan adalah literature review atau tinjauan pustaka dengan menggunakan sumber dari nasional maupun internasional. Pencarian dilakukan melalui basis data Google Scholar, PubMed, Springer, dan DOAJ. Hasil: Hasil dari penelitian ini didapatkan beberapa intervensi yang dapat dilakukan untuk mengurangi tingkat kecemasan pada mahasiswa. Diantaranya adalah hatha yoga dan jogging, kombinasi aromaterapi dengan terapi musik, terapi thought stopping, terapi relaksasi progresif, terapi berpikir positif dan Cognitive Behavior Therapy (CBT), dan pelatihan MBSR. Simpulan: berdasarkan hasil penelitian bahwa hatha yoga dan jogging, kombinasi aromaterapi dengan terapi musik, terapi thought stopping, terapi relaksasi progresif, terapi berpikir positif dan Cognitive Behavior Therapy (CBT), pelatihan MBSR dan social support efektif dalam mencegah atau mengurangi gejala dari kecemasan atau ansietas.

Keywords


Intervensi atau penanganan, Kecemasan atau ansietas, Mahasiswa

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif dan Cognitive Behavior Therapy (CBT) Terhadap Penurunan Kecemasan pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Jurnal Psikostudia Universitas Mulawarman, 4(2), 105– 125. https://core.ac.uk/download/pdf/268076001.pdf

Albano, A. M., & Kendall, P. C. (2002). Cognitive Behavioural Therapy for Children and Adolescents with Anxiety Disorders : Clinical Research Advances. International Review of Psychiatry, 14, 129–134. https://doi.org/10.1080/09540260220 13264

Anggraeini, N. (2015). Gambaran Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa Tingkat Tiga D-III Keperawatan dalam Menghadapi Uji Kompetensi di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 1(2), 131–139. https://doi.org/10.17509/jpki.v1i2.9752

Annisa, D. F., & Ifdil, I. (2016). Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia). Konselor, 5(2), 93. https://doi.org/10.24036/02016526480-0-00

Anthony, J., & Edelstein, B. A. (1975). Thought-Stopping Treatment of Anxiety Attacks due to SeizureRelated Obsessive Ruminations. Journal of Behavior Theraph and Experimental Psychiatry, 6(4), 343–344. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/0005-7916(75)90076-2

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. (2013). Riset Kesehatan Dasar (pp. 1–304). Kementerian Kesehatan RI. https://www.litbang.kemkes.go.id/la poran-riset-kesehatan-dasarriskesdas/

Chandra, V., Satiadarma, M. P., & Risnawaty, W. (2020). Studi Deskriptif-Komparatif Simtom Kecemasan dan Depresi Pada Mahasiswa/I Di Universitas X. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 4(1), 275–280. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v4i1.7531.2020

Crocker, J., & Luhtanen, R. K. (2003). Level of Self-Esteem and Contingencies of Self-Worth: Unique Effects on Academic, Social, and Financial Problems in College Students. Personality and Social Psychology Bulletin, 29(6), 701–712. https://doi.org/10.1177/0146167203252881

Ghufron, M. N., & S., R. R. (2010). TeoriTeori Psikologi. Ar-Ruzz Media. Hashmat, S., Hashmat, M., Amanullah, F., & Aziz, S. (2008). Factors Causing Exam Anxiety in Medical Students. Journal of the Pakistan Medical Association, 58(4), 167–170.

Herdman, T. H., Kamitsuru, S., & NANDA International. (2018). Nursing Diagnoses: Definitions and Classification, 2018-2020, Eleventh Edition. (11th ed.). New York: Thieme.

Hidayat, E., Zaitun, & Rochayati, A. S. (2017). Pengaruh Terapi Relaksasi Progresif Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi Uji Kompetensi Mahasiswa Tingkat III Akper Muhammadiyah Cirebon. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing), 12(2), 93–101. https://doi.org/https://doi.org/10.20884/1.jks.2017.12.2.740

Lai, H., Chen, P., Chen, C., Chang, H., Peng, T., & Chang, F. (2008). Randomized crossover trial studying the effect of music on examination anxiety. Nurse Education Today, 28(8), 909–916. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2008.05.011

Malfasari, E., & Erlin, F. (2017). Terapi Througth Stopping (TS) Untuk Ansietas Mahasiswa Praktik Klinik di Rumah Sakit. Jurnal Endurance, 2(3), 444–450. https://doi.org/http://doi.org/10.22216/jen.v2i3.2460

Melincavage, S. M. (2011). Student Nurses ’ Experiences of Anxiety in The Clinical Setting. Nurse Education Today, 31(8), 785–789. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2011.05.007

Millar, M. G., & Tesser, A. (1986). Effects of Affective and Cognitive Focus on the Attitude-Behavior Relation. Journal of Personality and Social Psychology, 51(2), 270–276. https://doi.org/10.1037/0022-3514.51.2.270

MS, A. L. S. (2014). Test Anxiety Among Nursing Students : A Systematic Review. Teaching and Learning in Nursing, 9(4), 193–202. https://doi.org/10.1016/j.teln.2014.06.001

PH, L., Susanti, Y., & Arisanti, D. (2018). Tingkat Ansietas Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi. Community of Publishing in Nursing (COPING), 6(2), 113–118. https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/download/53240/31502

Purwaningsih, W. M., Kardiwinata, M. P.,& Suari, N. W. (2013). Pengaruh Pemberian Hatha Yoga dan Jogging terhadap Kecemasan pada Mahasiswa Semester VIII PSIK FK Universitas Udayana. Skripsi. Denpasar: Universitas Udayana. https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/download/6125/4616

Rice, C. L. (2008). Reducing Anxiety in Middle School and High School Students : A Comparison of Cognitive-Behavioral Therapy and Relaxation Training Approaches In the Graduate College [University of Arizona]. http://hdl.handle.net/10150/194450

Safaria, T., & Saputra, N. E. (2009). Manajemen Emosi: Sebuah Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif dalam Hidup Anda. Bumi Aksara.

Sanitiara, Nazriati, E., & Firdaus. (2014). Hubungan Kecemasan Akademis dengan Regulasi Diri Dalam Belajar Pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Riau Tahun 2013/2014. Jurnal Online Mahasiwa FK, 1(2), 1–9. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOM FDOK/article/view/2973

Segal, D. L. (2010). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-IV-TR). In The Corsini Encyclopedia of Psychology (pp. 1–3). https://doi.org/https://doi.org/10.1002/9780470479216.corpsy0271

Seligman, M. E. P. (2008). Menginstal Optimisme : Bagaimana Cara Mengubah Pemikiran dan Kehidupan Anda. Momentum.

Somers, J., & Querée, M. (2007). Cognitive Behavioural Therapy. Centre for Applied Research in Mental Health and Addictions (CARMHA). https://www.sfu.ca/content/dam/sfu/carmha/resources/cbt/CBTCoreInfo07-WEB.pdf

Son, H. K., So, W., & Kim, M. (2019). E ff ects of Aromatherapy Combined with Music Therapy on Anxiety, Stress , and Fundamental Nursing Skills in Nursing Students : A Randomized Controlled Trial. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(4185), 1 –10. https://doi.org/10.3390/ijerph16214185

Ștefan, C. A., Căpraru, C., & Szilágyi, M. (2018). Investigating Effects and Mechanisms of a Mindfulness-Based Stress Reduction Intervention in a Sample of College Students at Risk for Social Anxiety. 9, 1509–1521. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s12671 -018-0899-y

Stuart, G. W. (2006). Buku Saku Keperawatan Jiwa Edisi 5 (5th ed.). EGC.

Suyamto, Prabandari, Y. S., & Marchira, C. R. (2009). Pengaruh Relaksasi Otot Dalam Menurunkan Skor Kecemasan T-Tmas Mahasiswa Menjelang Ujian Akhir Program di Akademi Keperawatan Notokusumo Yogyakarta. Berita Kedokteran Masyarakat, 25(3), 142–149. https://jurnal.ugm.ac.id/bkm/article/view/3561/3050

Utari, N. R. K. (2020). Pengaruh Social Support Terhadap Social Anxiety pada Mahasiswa di Uniiversitas Muhammadiyah Jember [Universitas Muhammadiyah Jember]. http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3625




DOI: http://dx.doi.org/10.36465/jkbth.v21i2.760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Iceu Amira, Aat Sriati, Hendrawati Hendrawati, Aisha Chaerani

RJI Main
logo

Publisher :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Universitas Bakti Tunas Husada
Jl. Letjen Mashudi No. 20, Kota Tasikmalaya
Telp : 0265-334740
Fax : 0265-327224
Email: lppm_jupemas@universitas-bth.ac.id