PENGEMBANGAN E MODUL MTBS BERBASIS DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Authors

  • Resna Litasari Prodi D3 Kebidanan, STIKes Muhammadiyah Ciamis, Indonesia
  • Aulia Ridla Fauzi Prodi D3 Kebidanan, STIKes Muhammadiyah Ciamis, Indonesia
  • Sri Wulan Ratna Dewi Prodi D3 Kebidanan, STIKes Muhammadiyah Ciamis, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36465/jkbth.v22i1.903

Keywords:

Pembelajaran daring, e-modul, MTBS

Abstract

Masa darurat pandemi ini mengharuskan sistem pembelajaran diganti dengan pembelajaran daring agar proses pembelajaran tetap berlangsung. Terdapat beberapa alternatif dalam memanfaatkan teknologi diantaranya dengan penggunaan media dan sumber belajar. Salah satu media dan bahan ajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran yaitu e-modul atau dapat disebut (modul elektronik). Tujuan penelitian ini adalah membuat software e-modul MTBS berbasis website dan android yang dapat diakses melalui website atau diinstal di handphone sebagai media pembelajaran daring. Metode Penelitian ini menggunakan prosedur Research and Development (R&D). Untuk pengembangan sistem penelitian ini menggunakan model Software Development Life Cycle (SDLC). Model SDLC yang dipakai dalam penelitian ini adalah model Waterfall. Responden terdiri dari mahasiswa D3 Kebidanan semester 4 dan 6. Statistik data menunjukkan komponen kejelasan, ketepatan, dan kebaruan bersifat netral dengan nilai mean diantara -0,8 sampai 0,8. Hal ini menjadi dasar bagi peneliti untuk melakukan perbaikan pada e-modul ini, terutama pada petunjuk penggunaan dan kemudahan akses setiap komponen e-modul, juga pada tampilan Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada : Jurnal Ilmu Ilmu Keperawatan, Analis Kesehatan dan Farmasi Volume 22 Nomor 1 Februari 2022 50 (user interface) perlu dimodifikasi agar lebih menarik sesuai dengan pendapat dari pengguna/responden/mahasiswa

Published

2022-02-28

How to Cite

Litasari, R., Fauzi, A. R., & Dewi, S. W. R. (2022). PENGEMBANGAN E MODUL MTBS BERBASIS DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada: Jurnal Ilmu-Ilmu Keperawatan, Analis Kesehatan Dan Farmasi, 22(1), 49–57. https://doi.org/10.36465/jkbth.v22i1.903

Issue

Section

article

Citation Check

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.