PENGEMBANGAN E MODUL MTBS BERBASIS DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Abstract
Masa darurat pandemi ini mengharuskan sistem pembelajaran diganti dengan pembelajaran daring agar proses pembelajaran tetap berlangsung. Terdapat beberapa alternatif dalam memanfaatkan teknologi diantaranya dengan penggunaan media dan sumber belajar. Salah satu media dan bahan ajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran yaitu e-modul atau dapat disebut (modul elektronik). Tujuan penelitian ini adalah membuat software e-modul MTBS berbasis website dan android yang dapat diakses melalui website atau diinstal di handphone sebagai media pembelajaran daring. Metode Penelitian ini menggunakan prosedur Research and Development (R&D). Untuk pengembangan sistem penelitian ini menggunakan model Software Development Life Cycle (SDLC). Model SDLC yang dipakai dalam penelitian ini adalah model Waterfall. Responden terdiri dari mahasiswa D3 Kebidanan semester 4 dan 6. Statistik data menunjukkan komponen kejelasan, ketepatan, dan kebaruan bersifat netral dengan nilai mean diantara -0,8 sampai 0,8. Hal ini menjadi dasar bagi peneliti untuk melakukan perbaikan pada e-modul ini, terutama pada petunjuk penggunaan dan kemudahan akses setiap komponen e-modul, juga pada tampilan Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada : Jurnal Ilmu Ilmu Keperawatan, Analis Kesehatan dan Farmasi Volume 22 Nomor 1 Februari 2022 50 (user interface) perlu dimodifikasi agar lebih menarik sesuai dengan pendapat dari pengguna/responden/mahasiswa
Keywords
Pembelajaran daring, e-modul, MTBS
Full Text:
PDF (Indonesian)DOI: http://dx.doi.org/10.36465/jkbth.v22i1.903
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Resna Litasari, Aulia Ridla Fauzi, Sri Wulan Ratna Dewi
Publisher :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Universitas Bakti Tunas Husada
Jl. Letjen Mashudi No. 20, Kota Tasikmalaya
Telp : 0265-334740
Fax : 0265-327224
Email: lppm_jupemas@universitas-bth.ac.id