MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PENGISIAN PARTOGRAF PADA MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN PERSALINAN DAN BAYI BARU LAHIR

Resna Litasari, Neli Sunarni, Aulia Ridla Fauzi

Abstract


Pembelajaran yang efektif salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran audio visual berupa video untuk pengajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang media pembelajaran audio visual berupa video pengisian partograf agar memudahkan mahasiswa dalam mempelajari partograf dan lebih cepat memahami. Metode Penelitian ini menggunakan prosedur Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Rowntree terdiri dari 3 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap penilaian. Responden terdiri dari mahasiswa D3 Kebidanan semester 4 dan 6 sebanyak 58 orang. Berdasarkan uji kelayakan aspek materi dengan rerata persentase sebesar 80% dalam kategori layak, aspek media dengan rerata persentase sebesar 82% dalam kategori sangat layak. Sehingga media ini siap dan sangat layak digunakan untuk pembelajaran pengisian partograf pada mata kuliah Asuhan Kebidanan Persalinan dan Bayi Baru Lahir. Hasil analisis penialian uji coba pada mahasiswa pada kategori Baik sebanyak 30 orang (52%). Video pengisian partograf perlu perbaikan penambahan penjelasan pada halaman belakang pada partograf.


Keywords


Audio Visual, Media Pembelajaran, Partograf

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abu Farha, R. K., Rashad, M., Hasen, E., Mukattash, T. L., Al-Hashar, A., & Basheti, I. A. (2020). Evaluation of the effect of video tutorial training on improving pharmacy students’ knowledge and skills about medication reconciliation. Pharmacy Practice, 18(1), 1–7. https://doi.org/10.18549/PharmPract.202 0.1.1711

Anggi M, Wilyono K, S. (2017). Development of Android-Based Interactive Multimedia in Physics Subject on Temperature, Heat, and Heat Trasnfer for Class XI Senior High Schools. Prosiding Seminar Nasional Pendidik IPA, 2(1).

Díaz-Oreiro, López, Quesada, & Guerrero. (2019). Standardized Questionnaires for User Experience Evaluation: A Systematic Literature Review. Proceedings, 31(1), 14.

https://doi.org/10.3390/proceedings2019

Donkin, R., Askew, E., & Stevenson, H. (2019). Video feedback and e-Learning enhances laboratory skills and engagement in medical laboratory science students. BMC Medical Education, 19(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/s12909-019- 1745-1

Fernando. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Informasi, S., Berbasis, I., Suppa, R., Saldi, T., Program, D., Teknik, S., … Andi, U. (n.d.). Sistem informasi indekos berbasis web. 139–146.

Johan H, Noorbaya S, S. S. (2021). Pengaruh Media Audio Visual Edukasi Smart (AVES) Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Dasar Praktik Mahasiswa Kebidanan.

M, T. (2013). Planning and Conducting Formative Evaluations.

Monica GE, Sari DK, E. R. (2021).

Pembelajaran Pada Program Studi Kimia. FKIP Universitas Sriwijaya, 5.

Munjihad. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) Melalui Media Pembelajaran Visual dan Audiovisual. Journal Health Science, 9(1).

Pilieci, S. N., Salim, S. Y., & Heffernan, D. S. (2018). A Randomized Controlled Trial of Video Education versus Skill Demonstration : Which Is More Effective in Teaching Sterile Surgical Technique ? 19(Xx), 1–10.

https://doi.org/10.1089/sur.2017.231

Prodi D3 Kebidanan STIKes Muhammadiyah Ciamis. (2019). Kurikulum Prodi D3 Kebidanan Tahun 2018. Ciamis.

Sari, N., Anggraini, A., & Qoiriyah, S. (2021). The Influence of the Use Simulation Method and Video Media on Learning Outcome Partograf in Normal Childbirth Care in Akbid Nusantara Indonesia Lubuklinggau 2020. 1(9).

Satuan Tugas Penanganan Covid-19. (2020). SE Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Retrieved from https://covid19.go.id/p/regulasi/surat- edaran-nomor-4-tahun-2020

Schrepp, M., Hinderks, A., & Thomaschewski,

J. (2014). Applying the User Experience Questionnaire (UEQ) in Different Evaluation Scenarios. In A. Marcus (Ed.), Design, User Experience, and Usability. Theories, Methods, and Tools for Designing the User Experience (pp. 383– 392). Cham: Springer International Publishing.

W, Wi. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Cerdas Ulet Kreatif.

Wahyunita VD, Suzana V, M. M. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Video Berbasis Web Sebagai Sumber Belajar Pengisian Partograf. Qual Journal Kesehatan, 14(1).

Weber, U., Constantinescu, M. A., Woermann, U., Schmitz, F., & Schnabel, K. (2016).

Video-based instructions for surgical hand disinfection as a replacement for conventional tuition? A randomised, blind comparative study. GMS Journal for Medical Education, 33(4), 57. https://doi.org/10.3205/zma001056

Windiyani, W., Sundari, S. W., & Nurdianti, D. (2019). Rancang bangun aplikasi Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak (SDIDTK) bagi bidan di posyandu. Jurnal Riset Kebidanan Indonesia, 3(2), 87–94.

https://doi.org/10.32536/jrki.v3i2.59 Yuda Handaya, A., Fauzi, A. R., Andrew, J.,

Hanif, A. S., Tjendra, K. R., & Aditya, A.

F. K. (2021). Effectiveness of tutorial videos combined with online classes in surgical knotting course during COVID- 19 pandemic: A cohort study. Annals of Medicine and Surgery, 69(July), 102751. https://doi.org/10.1016/j.amsu.2021.1027 51




DOI: http://dx.doi.org/10.36465/jkbth.v22i2.1047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Resna Litasari, Neli Sunarni, Aulia Ridla Fauzi

RJI Main
logo