MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PENGISIAN PARTOGRAF PADA MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN PERSALINAN DAN BAYI BARU LAHIR

Authors

  • Resna Litasari STIKes Muhammadiyah Ciamis, Indonesia
  • Neli Sunarni STIKes Muhammadiyah Ciamis
  • Aulia Ridla Fauzi STIKes Muhammadiyah Ciamis

DOI:

https://doi.org/10.36465/jkbth.v23i1.950

Keywords:

Audio Visual, Media Pembelajaran, Partograf

Abstract

Pembelajaran yang efektif salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran audio visual berupa video untuk pengajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang media pembelajaran audio visual berupa video pengisian partograf agar memudahkan mahasiswa dalam mempelajari partograf dan lebih cepat memahami. Metode Penelitian ini menggunakan prosedur Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Rowntree terdiri dari 3 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap penilaian. Responden terdiri dari mahasiswa D3 Kebidanan semester 4 dan 6 sebanyak 61 orang. Berdasarkan uji kelayakan aspek materi dengan rerata persentase sebesar 80% dalam kategori layak, aspek media dengan rerata persentase sebesar 82% dalam kategori sangat layak. Sehingga media ini siap dan sangat layak digunakan untuk pembelajaran pengisian partograf pada mata kuliah Asuhan Kebidanan Persalinan dan Bayi Baru Lahir. Hasil analisis penialian uji coba pada mahasiswa pada kategori Baik sebanyak 31 orang (51%). Video pengisian partograf perlu perbaikan penambahan penjelasan pada halaman belakang pada partograf.

Author Biography

Resna Litasari, STIKes Muhammadiyah Ciamis

Prodi D3 Kebidanan

References

Abu Farha, R. K., Rashad, M., Hasen, E., Mukattash, T. L., Al-Hashar, A., & Basheti, I. A. (2020). Evaluation of the effect of video tutorial training on improving pharmacy students’ knowledge and skills about medication reconciliation. Pharmacy Practice, 18(1), 1–7. https://doi.org/10.18549/PharmPract.2020.1.1711

Anggi M, Wilyono K, S. (2017). Development of Android-Based Interactive Multimedia in Physics Subject on Temperature, Heat, and Heat Trasnfer for Class XI Senior High Schools. Prosiding Seminar Nasional Pendidik IPA, 2(1).

Díaz-Oreiro, López, Quesada, & Guerrero. (2019). Standardized Questionnaires for User Experience Evaluation: A Systematic Literature Review. Proceedings, 31(1), 14. https://doi.org/10.3390/proceedings2019031014

Donkin, R., Askew, E., & Stevenson, H. (2019). Video feedback and e-Learning enhances laboratory skills and engagement in medical laboratory science students. BMC Medical Education, 19(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/s12909-019-1745-1

Fernando. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Informasi, S., Berbasis, I., Suppa, R., Saldi, T., Program, D., Teknik, S., … Andi, U. (n.d.). Sistem informasi indekos berbasis web. 139–146.

Johan H, Noorbaya S, S. S. (2021). Pengaruh Media Audio Visual Edukasi Smart (AVES) Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Dasar Praktik Mahasiswa Kebidanan.

M, T. (2013). Planning and Conducting Formative Evaluations.

Monica GE, Sari DK, E. R. (2021). Pembelajaran Pada Program Studi Kimia. FKIP Universitas Sriwijaya, 5.

Munjihad. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) Melalui Media Pembelajaran Visual dan Audiovisual. Journal Health Science, 9(1).

Pilieci, S. N., Salim, S. Y., & Heffernan, D. S. (2018). A Randomized Controlled Trial of Video Education versus Skill Demonstration : Which Is More Effective in Teaching Sterile Surgical Technique ? 19(Xx), 1–10. https://doi.org/10.1089/sur.2017.231

Prodi D3 Kebidanan STIKes Muhammadiyah Ciamis. (2019). Kurikulum Prodi D3 Kebidanan Tahun 2018. Ciamis.

Sari, N., Anggraini, A., & Qoiriyah, S. (2021). The Influence of the Use Simulation Method and Video Media on Learning Outcome Partograf in Normal Childbirth Care in Akbid Nusantara Indonesia Lubuklinggau 2020. 1(9).

Satuan Tugas Penanganan Covid-19. (2020). SE Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Retrieved from https://covid19.go.id/p/regulasi/surat-edaran-nomor-4-tahun-2020

Schrepp, M., Hinderks, A., & Thomaschewski, J. (2014). Applying the User Experience Questionnaire (UEQ) in Different Evaluation Scenarios. In A. Marcus (Ed.), Design, User Experience, and Usability. Theories, Methods, and Tools for Designing the User Experience (pp. 383–392). Cham: Springer International Publishing.

W, Wi. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Cerdas Ulet Kreatif.

Wahyunita VD, Suzana V, M. M. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Video Berbasis Web Sebagai Sumber Belajar Pengisian Partograf. Qual Journal Kesehatan, 14(1).

Weber, U., Constantinescu, M. A., Woermann, U., Schmitz, F., & Schnabel, K. (2016). Video-based instructions for surgical hand disinfection as a replacement for conventional tuition? A randomised, blind comparative study. GMS Journal for Medical Education, 33(4), 57. https://doi.org/10.3205/zma001056

Published

2023-07-26

How to Cite

Litasari, R., Sunarni, N., & Fauzi, A. R. (2023). MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PENGISIAN PARTOGRAF PADA MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN PERSALINAN DAN BAYI BARU LAHIR. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada: Jurnal Ilmu-Ilmu Keperawatan, Analis Kesehatan Dan Farmasi, 23(1). https://doi.org/10.36465/jkbth.v23i1.950

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.