ANALISIS PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG MANAJEMEN PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK DI KELURAHAN “S”

rikky gita hilmawan, Iis Sopiah Suryani

Abstract


Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat dengan munculnya satu alat berteknologi tinggi seperti gadget. Pengguna gadget bukan hanya dari kalangan pekerja, tetapi hampir semua kalangan termasuk anak-anak. Penggunaan gadget oleh anak, dapat memberikan dampak positif maupun negative pada perilaku anak itu sendiri. Upaya dalam mengurangi dampak negative dan memanfaatkan gadget dengan bijaksana, maka orang tua sangat penting untuk memilik pengetahuan dalam mengatur penggunaan gandget pada anak. Data yang diperoleh dari Keluahan Sukalaksana pada tahun 2023 sebayak 29 anak mengalami gangguan mata seperti myopia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan orang tua tentang manajemen penggunaan gadget pada anak di Kelurahan Sukalaksana Kota Tasikmalaya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif, populasi sebanyak 448 orang sedangkan sampel sebanyak 82 orang diperoleh dengan stratified random sampling. Hasil penelitian didapatkan pengetahuan orang tua tentang manajemen penggunaan gadget pada anak di Kelurahan Sukalaksana Kota Tasikmalaya sebagian besar pengetahuan responden termasuk kurang. Oleh karena itu orang tua disarankan dapat meningkatkan pengetahuan orang tua mengenai penggunaan gadget pada anak usia 7-12 tahun dengan melakukan konsultasi secara aktif kepada petugas kesehatan, melakukan pengawasan dan membatasi serta memakai batas waktu yang dianjurkan dalam penggunaan gadget dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


Managemen, Pengetahuan, Penggunaan gadget

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustina, N.I.M., Ismaya, E.A. and Pratiwi, I.A. (2022) ‘Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Karakter Peduli Sosial Anak’, Jurnal Basicedu, 6(2), pp. 2547–2555. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2465.

Arikunto, S. (2017) Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Revisi. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Boiliu, F.M. (2020) ‘Peran Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Sebagai Upaya Mengatasi Penggunaan Gadget Yang Berlebihan Pada Anak Dalam Keluarga Di Era Disrupsi 4.0’, REAL DIDACHE: Journal of Christian Education, 1(1), pp. 25–38. Available at: https://doi.org/10.53547/realdidache.v1i1.73.

Destari, M.R., Elmanora and Hamiyati (2022) ‘Internet Parenting Sebagai Kontrol Dalam Penggunaan Internet Pada Remaja’, JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), 9(01), pp. 31–42. Available at: https://doi.org/10.21009/jkkp.091.03.

Dwiana, A., Lestari, C. and Astuty, L. (2021) ‘Hubungan Pengetahuan Siswa Tentang Kesehatan Mata Dengan Sikap Penggunaan Gadget Yang Berlebihan Di Sd N 13 Engkasan Kalimantan Barat’, Avicenna : Journal of Health Research, 4(1), pp. 1–8. Available at: https://doi.org/10.36419/avicenna.v4i1.453..

Hidayat, F., Hernisawati, H. and Maba, A.P. (2021) ‘Dampak penggunaan gadget terhadap kepribadian anak sekolah dasar: studi kasus pada siswa “X”’, Jurnal Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 1(1), pp. 1–13. Available at: https://doi.org/10.35912/jahidik.v1i1.226.

Magdalena, I. et al. (2021) ‘Pengaruh Penggunaan Gadget Pada Rendahnya Pola Pikir Pada Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun) Di Sdn Gempol Sari Kabupaten Tangerang’, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), pp. 166– 177.

Ni Luh Made Asri Dewi, I.B.C.W.M. (2022) ‘Pengetahuan Orang Tua tentang Penggunaan Gadget pada Anak Prasekolah di Desa Mambal Kabupaten Badung’, Jurnal Keperawatan, 14, pp. 443–448.

Notoatmodjo (2017) Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rhineka Cipta. Notoatmodjo, S. (2013) Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rhineka Cipta. Notoatmodjo, S. (2017) Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rhineka Cipta.

Notoatmojo, S. (2017) Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rhineka Cipta.

Prasetya, F.T. (2022) Gambaran Persepsi Orang Tua Terhadap Penggunaan Gadget Pada Anak Sd Negeri Grabag 3. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Putriana, K., Pratiwi, E.A. and Wasliah, I. (2019) ‘Hubungan Durasi dan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) di TK Cendikia Desa Lingsar Tahun 2019’, Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 7(2), pp. 5–13. Available at: https://doi.org/10.37824/jkqh.v7i2.2019.112.

Rahmatullah, A.H. (2021) Fungsi Sosial Budaya Terhadap Pendidikan. Available at: https://www.scribd.com/doc/100212759 (Accessed: 13 November 2021).

Rohmah, C.O. (2017) Pengaruh Penggunaan Gadget Dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Xi Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Smk Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Salem, V.E.T. et al. (2021) ‘sosialisasi Dampak Penggunaan Gadget Anak Usia Dini Pada Ibu-Ibu Di JemaSat Nafiri Malalayang 1 ( Tinjauan Sosiologi Keluarga)’, Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3), pp. 561–566. Available at: https://doi.org/10.36312/jime.v7i3.2305.

Syifa, L., Setianingsih, E.S. and Sulianto, J. (2019) ‘Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar’, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), p. 538. Available at: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310.

Wahyuni (2022) ‘Pengetahuan dan Sikap Orang Tua Tentang Bahaya gadget dalam Perkembangan Otak Balita usia 3-5 Tahun di Desa Bambalemo Kec. Parigi Kab. Parigi’, JUrnal Ilmiah Kesmas, 22(2), pp. 7–13.

Wawan and Dewi (2017) Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Jogjakarta: Nuha Media.

Widayatun, T.R. (2018) Ilmu Perilaku. Revisi II. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Yuhandra, E. et al. (2021) ‘Penyuluhan hukum tentang dampak positif dan negatif penggunaan gadget dan media sosial di Desa Mekarjaya Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat, Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 04(01), pp. 78–84.




DOI: http://dx.doi.org/10.36465/jop.v7i1.1371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 rikky gita hilmawan

p-ISSN: 2620-8563; e-ISSN: 2621-1521


Index:

RJI Main
logo