GAMBARAN PENILAIAN PERKEMBANGAN PADA ANAK MENGGUNAKAN KPSP DI TK MURNI ASIH DESA CIKUNIR SINGAPARNA TASIKMALAYA

Soni Hersoni

Abstract


Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas perkembangan anak telah menyebar di seluruh dunia, salah satunya KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan). Alat ini  mudah dipahami dan banyak digunakan oleh peneliti di bidang Kesehatan anak Indonesia untuk mengetahui perkembangan pada anak. Metode Penelitian Rancangan penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian deskriftif dengan tujuan utama yaitu untuk mengetahui penilaian perkembangan pada anak usia 60-72 bulan dengan metode Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) di TK Murni Asih Cikunir  Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Hasil dan Pembahasan pemeriksaan Kuesioner Pra Skrening Perkembangan ( KPSP ) terhadap 58 siswa-siswi TK Murni Asih Cikunir Singaparna kabupaten Tasikmalaya didapatkan hasil 55 anak dengan hasil Kuesioner Pra Skrening Perkembangan ( KPSP ) sesuai dengan usia anak,  dan 3 anak dengan hasil KPSP meragukan dan tidak ada anak yang menyimpang perkembangannya. pemeriksaan Kuesioner Pra Skrening Perkembangan ( KPSP ) terhadap 58 siswa-siswi TK Murni Asih Cikunir Singaparna kabupaten Tasikmalaya didapatkan hasil 55 anak dengan hasil Kuesioner Pra Skrening Perkembangan ( KPSP ) sesuai dengan usia anak,  dan 3 anak dengan hasil KPSP meragukan dan tidak ada anak yang menyimpang perkembangannya. Kesimpulan Pemeriksaan Kuesioner Pra Skrening Perkembangan ( KPSP ) terhadap 58 siswa-siswi TK Murni Asih Cikunir Singaparna kabupaten Tasikmalaya di dapatkan hasil perkembangannya normal. Saran Di harapkan kepada orang tua anak melakukan pemerikaan perkemnangan anak secara rutin, tidak hanya sekali saja, terutama untuk anak mulai 4 bulan samapai usia 72 bulan.

 

Keyword : perkembangan anak, KPSP


Keywords


perkembangan anak, KPSP

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Depkes. 2017. “Skrining / Pemeriksaan Perkembangan Anak Mneggunakan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP).” 43.

Dermawan, Anggia Chrisanti. 2019. Pedoman Praktis Tumbuh Kembang Anak (Usia 0-72 Bulan). edited by M. R. Bayu Nugraha.

Etik sulistriyono, Tri rahayu. 2012. “Hubungan Pekerjaan Ibu Balita Terhadap Status Gizi Balita Di Posyandu Prima Sejahtera Desa Pandean Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali.

KEMENKES. 2016. Pedoman Pelaksanaan.

Lita, Ramadhanty. 2019. “Analisis Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak (Usia 4-5 Tahun) Di Posyandu Teratai Kelurahan Bumi Raya Kecamatan Bumi Waras.”

Napitupulu, Rosintan Milana. 2015. “Deteksi Dini Perkembangan Balita Di Rw 06 Kelurahan Cawang Tahun 2015 Rosintan Milana Napitupulu Akademi Fisioterapi Universitas Kristen Indonesia.” 250–60.

Novita, Plora, Febrina Sinaga, Nopalina Suyanti Damanik, Ismi Youli Ginting, Markus Doddy Simanjuntak, Nathalia Lumbantobing, and Ira Pertiwi. 2021. “Pemanfaatan KPSP Dalam Pemanfaatn Perkembangan Anak Usia Dini Di Paud Qolbu Persada.” 4:369–73.

Nursalam. 2015. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. 4th ed. edited by P. P. Lestari. Jakarta.

Setiawati, Santun, Agus Citra Dermawan, and Raden Siti Maryam. 2020. “Peningkatan Status Perkembangan Anak Prasekolah Dengan Stimulasi Perkembangan.” 5(2):150–60.

Sulaiman, Umar, Nur Ardianti, and Selviana Selviana. 2019. “Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.” NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education 2(1):52. doi:10.24252/nananeke.v2i1.9385.

Usmussaadah, Andi. 2021. “Gambaran Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah Di Wilayah Kerja Puskesmas Batua Kota Makassar Tahun 2020.”

Yulianti, Nova, Putri Argianti, Lily Herlina, Siti Nur, and Indah Oktaviani. 2018. “Analisis Pantauan Tumbuh Kembang Anak Prasekolah Dengan Kuesioner Pra Skrining Pertumbuhan( KPSP ) Di BKB PAUD Kelurahan Serdang Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat Periode Oktober2017.” 2(1):45–52




DOI: http://dx.doi.org/10.36465/jkbth.v24i1.1244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Soni Hersoni

RJI Main
logo