“ANGKRINGAN BACA” UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA UNTUK MENDUKUNG GERAKAN LITERASI SEKOLAH

Authors

  • Arshy Prodyanatasari Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri, Indonesia http://orcid.org/0009-0004-9042-2406
  • Refki Marsida Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Anita Maharani Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
  • Dahniar Widya Kharisma Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
  • Lea Tarissha Primanda Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36465/jupemas.v5i2.1381

Keywords:

angkringan baca, gerakan literasi sekolah, literasi, minat baca, perpustakaan

Abstract

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) lahir dari penetapan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015. GLS bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat baca serta kebiasaan membaca sepanjang hayat. Kesadaran pentingnya mmebaca sedari dini perlu ditanamkan dan ditumbuhkan pada siswa. Untuk mensukseskan GLS, sekolah berkolaborasi dengan Kampus Mengajar 7 dalam Program Angkringan Baca. Program Angkringan Baca dilakukan dengan merevitalisasi perpustakaan menjadi lebih nyaman dan menarik bagi siswa untuk berkunjung dan membaca buku. Program angkringan baca ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang termuat pada Rencana Aksi Kolaborasi (RAK) Kampus Mengajar 7. Sasaran kegiatan angkringan baca adalah semua siswa kelas I sampai VI SDN Bujel 3 Kota Kediri. Angkringan baca dilaksanakan mulai bulan Februari hingga Juni 2024, dengan tahapan mulai dari observasi lingkungan sekolah dan perpustakaan, perencanaan, revitalisasi perpustakaan, dan pelaksanaan angkringan baca. Pada pelaksanaan angkringan baca, diperoleh hasil bahwa jumlah kunjungan siswa ke perpustakaan terjadi peningkatan setiap bulannya. Peningkatan kunjungan siswa ke perpustakaan dapat meningkatkan minat siswa untuk membaca. Peningkatan minat baca siswa dapat berdampak positif terhadap kemampuan literasinya. Kemampuan literasi yang baik akan meningkatkan kemampuan dan daya berpikir kritis siswa serta mensukseskan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

Author Biographies

Arshy Prodyanatasari, Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri

Dosen Program STudi D3 Fisioterapi, Institut Ilmu Kesehatan Bhakti WIyata Kediri

Refki Marsida, Universitas Negeri Malang

Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan IPS

Anita Maharani, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika

Dahniar Widya Kharisma, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Sekolah Dasar, Universitas Nusantara PGRI Kediri

References

Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah dari pucuk hingga akar: sebuah refleksi. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Budiarso, I., Rusandi, H., Sintesa, N., Tarmon, G., Kania, N., Nurlaeli, A., ... & Nurhikmayati, I. (2023). Ilmu Pendidikan. CV. Edupedia Publisher.

Deprizon, dkk. (2023). Pengelolaan Pendidikan. Malang: CV. Future Sciece

Diana, H. (2022). Game based learning berbantuan media board game klaster untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 661-676.

Ibrahim, G. A., Ismadi, H. D., Zabadi, F., Ali, N. B. V., Alipi, M., Antoro, B., & Aziz, M. (2017). Peta jalan gerakan literasi nasional. Jakarta: kemendikbud.

Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional.

Lilawati, A. (2020). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal obsesi: Jurnal pendidikan anak usia dini, 5(1), 549-558.

Manurung, H. M., Oktavia, N., Ubaidillah, A., Nurjamin, A., Janna, I. M., Prodyanatasari, A., ... & Prayogi, A. (2023). Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran PAI. Pustaka Peradaban.

Muhammad, H. (2017). Panduan praktis gerakan literasi sekolah.

Novriliam, R., & Yunaldi, Y. (2012). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Pusat Sumber Belajar di Sekolah Dasar Negeri 23 Painan Utara. Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 1(1), 141- 150.

Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020). Literasi sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34-40.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9-15.

Prodyanatasari, A. (2024). Improvement of Literacy and Numeracy Abilities with Calistung Learning Using Card Media. PUSAKA: Journal of Educational Review, 1(2), 1-15.

Prodyanatasari, A., Azwar, I., Badian, M. S. R., Yani, R., Hadi, A., Iman, A., ... & Abdi, W. T. (2023). Landasan Pendidikan. CV. Edupedia Publisher.

Ramadhan, D. N., Hermawan, H. D., & Septiyanti, N. D. (2023). Implementasi dan Pengembangan Media Pembelajaran Game Calistung untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi di SD N 04 Kemuning. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 13-25.

Sari, I. F. R. (2018). Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 10(1), 89-100.

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041

Sulaimah, E., Irmawati, E., Dewi, R. K., & Khosiyono, B. H. C. (2023, August). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar dengan Pemanfaatan Pojok Baca. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 1, No. 1, pp. 505-514).

Downloads

Additional Files

Published

2024-10-31

How to Cite

Prodyanatasari, A., Marsida, R., Maharani, A., Kharisma, D. W., & Primanda, L. T. (2024). “ANGKRINGAN BACA” UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA UNTUK MENDUKUNG GERAKAN LITERASI SEKOLAH. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Jupemas), 5(2). https://doi.org/10.36465/jupemas.v5i2.1381

Issue

Section

Articles

Citation Check