EDUKASI DAMPAK MENGGUNAKAN GADGET PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.36465/jupemas.v6i1.1498Keywords:
dampak; edukasi; gadget; pembelajaran; pengawasanAbstract
Perkembangan teknologi telah membuat gadget menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan siswa sekolah dasar, dengan 65% anak usia 6-12 tahun di Indonesia menggunakan gadget selama 3-5 jam per hari. Namun, penggunaan berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif seperti gangguan kesehatan, kecanduan, dan penurunan performa akademik, sehingga diperlukan strategi untuk memastikan pemanfaatan gadget yang sehat dan bertanggung jawab. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa sekolah dasar mengenai dampak penggunaan gadget. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN Bandar Lor 1 Kota Kediri pada 18 November 2024. Metode PkM adalah Participatory Action Research (PAR) dan populasi adalah siswa kelas 1-6 sebanyak 121 siswa dan sampel PkM adalah siswa kelas 4-6 sebanyak 73 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner dan Teknik analisis data menggunakan analisis statistis non parametrik Uji Wilcoxon karena data tidak terdistribusi normal. Pelaksanaan PkM dibagi menjadi empat tahapan, meliputi pretes, penyampaian materi edukasi, ice breaking, serta evaluasi melalui posttest. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa yang signifikan, terlihat dari perbandingan nilai pretest dan posttest yaitu sebesar 50.17 dan 97,17. Peningkatan ini menunjukkan bahwa kegiatan edukasi ini berhasil meningkatkan kesadaran siswa terhadap penggunaan gadget yang sehat dan bertanggung jawab. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi siswa dalam mengelola penggunaan teknologi secara bijak dan menjadi model untuk pelaksanaan kegiatan serupa di masa mendatang.
References
American Academy of Ophthalmology. (2021). How Screen Time Affects Kids' Eyes. Retrieved from Diakses dari https://www.aao.org.
Cain, N., & Gradisar, M. (2010). Electronic media use and sleep in school-aged children and adolescents: A review. Sleep Medicine, 11(8), 735-742.
Heni Aguspita Dewi, A. A. (2023). Stop Cyberbullying dengan Peningkatan Pemahaman tentang Cyberbullying dan Dampak Psikologis pada Remaja. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Jupemas), 4(1), 22-28. Diakses pada: https://ejurnal.universitas-bth.ac.id/index.php/P3M_JUPEMAS/article/view/1046/813.
Juliani, I. R., & Wulandari, I. S. M. (2022). Hubungan Tingkat Kecanduan Gadget dengan Gangguan Emosi dan Perilaku Remaja Kelas 8. Jurnal Keperawatan BSI, 10(1), 30-40. Diakses pada: https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/707.
Khosiah, N. S. (2021). Kerja Sama Orang Tua dan Guru dalam Membangun Kreativitas Siswa Madrasah Ibtidaiyah Melalui Pembelajaran Online. Jurnal Penelitian IPTEKS, 6(1), 62-71. Diakses pada: http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PENELITIAN_IPTEKS/article/view/5252.
Kurnia, A. K. (2024). Penumbuhan Motivasi Belajar serta Pengenalan Dampak Gadget pada Anak Sekolah Dasar. PakMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 198-208. Diakses pada: https://journal.yp3a.org/index.php/pakmas/article/view/2760.
Livingstone, S. Ó.-V. (2017). Maximizing opportunities and minimizing risks for children online: The role of digital skills in emerging strategies of parental mediation. Journal of Communication, 67(1), 82-105.
Mujiwati, Y. L. (2024). Membangun Generasi Berkarakter di Era Digital melalui Kolaborasi Keluarga, Sekolah, dan Remaja Desa Ambal Ambil Pasuruan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi Indonesia, 2(5), 571-580. Diakses pada: https://publications.id/index.php/jpmii/article/view/591.
OECD. (2019). PISA 2018 Results: What School Life Means for Students’ Lives. OECD Publishing.
Pardede, R., & Watini, S. (2021). Dampak Penggunaan Gadget pada Perkembangan Emosional Anak Usia Dini di TK Adifa Karang Mulya Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4728-4735. Diakses pada: https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/1633/1414.
Prodyanatasari, A. &. (2024). From Bullying to Cyberbullying: Educational Impacts and Prevention Strategies in Indonesia. EDUTREND: Journal of Emerging Issues and Trends in Education, 1(3), 152-162. Diakses pada: https://www.rcsdevelopment.org/index.php/edutrend/article/view/421.
Prodyanatasari, A. (2023). Potensi Radiation Effect pada Handphone terhadap Kesehatan. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan, 15(1), 65-70. Diakses pada: https://e-journal.lppmdianhusada.ac.id/index.php/jkk/article/view/344.
Prodyanatasari, A. M. (2024). Psikologi Pendidikan. Malang: Future Science.
Purwaningtyas, F. D., , S. (2023). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologis pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Wijaya Putra (Psikowipa), 4(1), 1-9. Diakses pada: https://jurnal.uwp.ac.id/fpsi/index.php/psikowipa/article/view/84.
Radesky, J. S., Schumacher, J., & Zuckerman, B. (2016). Mobile and interactive media use by young children: The good, the bad, and the unknown. Pediatrics, 137(1), e20152492.
Saniyyah, L., S. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4): 2132-2140. Diakses pada: https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/80220236/pdf-libre.pdf?1644042110=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DDampak_Penggunaan_Gadget_terhadap_Perila.pdf&Expires=1736598806&Signature=A3lQwatpGqmDi3cN3~sOfclkaq2.
Sero, C. C. (2024). Peran Orang Tua dalam Mengawasi Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. Kumaracita: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1-7. Diakses pada: https://ejournal.windari.com/index.php/kum/article/view/25.
Sianturi, Y. R. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 276-284. Diakses pada: https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/1430.
Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 15(1). Diakses pada: https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=dampak+gadget+pada+pertumbuhan+fisik+dan+emosi&btnG=.
Twenge, J. M., & Campbell, W. K. (2018). Associations between screen time and mental health outcomes in adolescents. Preventive Medicine Reports, 10, 32-35.
UNICEF. (2020). Digital Literacy for Children: Exploring Definitions and Frameworks. Retrieved from Diakses dari https://www.unicef.org.
Widyaningsih, N. S. (2023). Parenting Peran Orang Tua di Era Digital. Indonesian Journal of Community Service, 3(2), 104-109. Diakses pada: http://ijocs.rcipublisher.org/index.php/ijocs/article/view/262.
Wulandari, D., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Emosi Anak. Jurnal Penelitian Tambusai, 5(1): 1689-1695. DIakses pada: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1162.
