PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS VIDEO CONVERENCE TERHADAP KETERAMPILAN MAHASISWA KEBIDANAN

Authors

  • Rosidah Solihah Prodi D3 Kebidanan, STIKes Muhammadiyah Ciamis, Indonesia
  • Neli Sunarni Prodi D3 Kebidanan, STIKes Muhammadiyah Ciamis, Indonesia
  • Resna Litasari Prodi D3 Kebidanan, STIKes Muhammadiyah Ciamis, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36465/jkbth.v22i1.892

Keywords:

Metode pembelajaran, Video conference

Abstract

Wabah COVID-19 telah dianggap sebagai darurat Kesehatan global. Dampak global dari infeksi virus ini menjadi salah satu kekhawatiran yang semakin meningkat. Dampak tersebut salah satunya adalah terhadap proses Pendidikan. Pendidikan atau pembelajaran dilakukan secara daring, sebagai upaya pemerintah dan mengeluarkan kebijakan agar perguruan tinggi meminta izin mahasiswanya untuk belajar dari rumah yang dimulai sejak tanggal 16 Maret 2020. STIKes Muhammadiyah Ciamis telah mengeluarkan kebijakan untuk melakukan proses pembelajaran di rumah selama pandemi. Berbagai bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang Pendidikan salah satunya adalah e-learning. Selain itu, ada beberapa aplikasi yang digunakan untuk memperlancar proses pembelajaran dalam penyampaian materi seperti whatsapp groups sedangkan untuk praktikum menggunakan video conference, zoom meeting, dan google meet. Dalam kurikulum kebidanan, terdapat beberapa mata kuliah kebidanan salah satunya adalah Asuhan Neonatus, Bayi dan Balita. Lulusan kebidanan harus kompeten dalam memberikan asuhan kebidanan pada bayi baru lahir sesuai dengan kewenangannya, diantaranya dapat melakukan pemeriksaan fisik bayi baru lahir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan mahasiswa menggunakan metode pembelajaran tatap muka dengan video conference. Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan eksperimen semu (quasi experiment) pada dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Subjek penelitian adalah mahasiswa kebidanan STIKes Muhammadiyah Ciamis semester IV Tahun Akademik 2021/2022 sebanyak 38 orang. Berdasarkan analisis menggunakan uji T-Test menunjukkan bahwa p-alue 0,768 > dari 0,05 artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran metode tatap muka dengan video conference.

Published

2022-07-08

How to Cite

Solihah, R., Sunarni, N., & Litasari, R. (2022). PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS VIDEO CONVERENCE TERHADAP KETERAMPILAN MAHASISWA KEBIDANAN. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada: Jurnal Ilmu-Ilmu Keperawatan, Analis Kesehatan Dan Farmasi, 22(1), 1–7. https://doi.org/10.36465/jkbth.v22i1.892

Issue

Section

article

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.