SKRINING PENGGUNAAN OBAT OFF LABEL PADA PASIEN OBSTETRI DAN GINEKOLOGI DI RUMAH SAKIT DAERAH GUNUNG JATI CIREBON

Nur Rahmi Hidayati

Abstract


Off-label adalah penggunaan obat atau peresepan obat dengan indikasi yang berbeda dengan yang tertera dalam label. Banyak laporan terkait penggunaan obat off label dalam terapi penyakit obstetri dan ginekologi, namun belum diketahui tingkat keamanannya untuk pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pasien, karakteristik pengobatan, dan skrining penggunaan obat off-label pada pasien Obstetri dan Ginekologi di RSD Gunung Jati Kota Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observational dengan metode
cross-sectional, pengumpulan data dilakukan secara retrospektif dan pengambilan sampel dengan cara Random Sampling berupa data rekam medik pasien Obstetri dan Ginekologi yang berobat pada bulan Juli-Desember 2018. Data dianalisis univariat untuk memperoleh frekuensi dan persentase penggunaan obat off label pada pasien Obstetri dan Ginekologi RSD Gunung Jati Cirebon. Dari 140 sampel rekam medik pasien Obstetri dan Ginekologi di RSD Gunung Jati Kota Cirebon diperoleh karakteristik pasien terbanyak berusia 23-28 tahun sebesar 33,57 % (47 orang), sedangkan untuk kisaran usia kehamilan yang paling banyak adalah berus ia 32-36
minggu sebesar 47,14 % (66 orang). Karakteristik pengobatan yang paling banyak digunakan adalah obat nifedipin. Penggunaan obat off label sebesar 73,80% (200 orang) dimana obat off label terbanyak adalah nifedipin sebanyak 52,50% (105 orang) sebagai tokolitik, yaitu mencegah kontraksi uterus pada pasien Obstetri dan Ginekologi RSD Gunung Jati Cirebon.

Keywords


Off Label, Obstetri,Ginekologi, Rumah Sakit

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2016. Unlicensed and “off label” Medicines information for patients, parents and carers. Oxford University Hospitals NHS.

BPOM. 2015. Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat Dan Makanan Nomor:2 Tahun 2015 Tentang Rencana Strategis Badan Pengawas Obat Dan Makanan. Jakarta. 2-3.

Sarwono, Prawihardjo. 2005. Obstetri dan Ginekologi Sosial. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka. Yulianti, T., et al, 2009, Evaluasi Penggunaan Obat Pada Ibu Hamil di Rumah Sakit X Surakarta, Pharmacon, Volume 10 No 1: 22-26.

Herring Christoper, Aine MC Manus, Andrew Weeks. 2010. Off-label prescribing during pregnancy in the UK: an analysis of 18,000 prescriptions in Liverpool Women's Hospital. International journal of pharmacy practice. Vol. 18 issue 4 page 216-229.

Murdiana, 2016. Penggunaan Obat Off-label di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Kahyangan. Tersedia dari: http://setiabudi.ac.id/ejurnal/index.php/farmasi-indonesia/article/download/93/90.

Mutmainah, 2016. Skrining Obat-Obat Off-label Pada Pasien Obstetri dan Ginekologi di Rumah Sakit Wijayakusuma Purwokerto.Tersedia dari: http://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://repository.ump.ac.id/372/1/D yah.

Pratiwi Adellia Erisa, 2015, Penggunaan obat Off Label pada pasien hamil di Instalasi rawat inap dan gawat darurat kebidanan kandungan RSUP Fatmawati periode Maret 2015, Skripsi.

Dewi Puspa Irene, Salmiyati Zaita, 2016, Evaluasi Penggunaan Misoprostol Pada kehamilan Postterm di Bangsal Kebidanan RSUP DR. M. Djamil Padang, Jurnal Ipteks Terapan Research of Applied Science and Education V10.i3: 170-175).

Weeks A., Alfirevic Z., Faundes A, Hofmeyr G.J., Safar P., Wing P., 2007, Misoprostol for induction of labor with a live fetus, International Journal of Gynecology and Obstetrics 99.

Colvin Lyn, Gill Andrew W., Smith Linda Slack, Stanley Fiona J., Bower Carol, 2013, Off Label Use of Ondansetron in Pregnancy in Western Australia, Biomed Research International Volume 2013.

Anonim. 2014. Artikel Informasi Pelayanan RSUD Gunung Jati Kota Cirebon dalam http://www.rsudgunungjati.cirebonkota.go.id/artikelpost-informasi-pelayanan-rsud-gunung-jati-kota-cirebon.com [diakses 4 Februari 2018].

Hardaningsih, 2017. Pengawasan Obat dan Obat Off-label Dari Sisi Regulasi Dalam Seminar OFF-LABEL DRUG WORKSHOP & TRAINING In Community and Clinical Setting. Universitas

Suharjono, 2017. Obat Kategori Off-label dan Unlicensed Drug dalam Seminar Off Label Drug Workshop & Training In Community and Clinical Setting.Universitas Airlangga : Surabaya.

Santoso, 2017. Budi. Off-label di Bidang Obstetri dan Ginekologi dalam Seminar Off Label Drug Workshop & Training In Community and Clinical Setting. Universitas Airlangga : Surabaya.

Sloanne, Benedict, 2009, Petunjuk Lengkap Kehamilan, Terjemahan Anton adiwiyoto, Pustaka Mina, Jakarta.

Suhartina Hamzah, Marianti A. Manggau, Nasruddin AM, 2017, Analisis Efektifitas dan Efek samping Penggunaan Off Label Rute Pemberian dari Nifedipine Sebagai Tokolitik Pada Partus

Preterm Imminens di Rumah Sakit Makasar, Majalah Farmasi Farmakologi Fakultas Farmasi Makassar : 21(3):75-79.

Jenny Jusuf, 2008, Efektivitas dan Efek Samping Ketorolac Sebagai Tokolitik Pada Ancaman Persalinan Prematur, Tesis, Program Pascasarjana Magister Ilmu Biomedik dan Program Pendidikan Dokter Spesialis I Obstetri Ginekologi Universitas Diponegoro, Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.36465/jop.v2i2.491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nur Rahmi Hidayati

p-ISSN: 2620-8563; e-ISSN: 2621-1521


Index:

RJI Main
logo